Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Duka di Jepang Mulai Buka Layanan "Drive-Thru"

Kompas.com - 17/12/2017, 13:18 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


NAGANO, KOMPAS.com - Layanan tanpa turun atau drive-thru ternyata tak hanya tersedia di restoran cepat saji. Baru-baru ini, rumah duka di Jepang juga membangun fasilitas serupa.

Rumah duka Aishoden, di kota Ueda, Nagano, Jepang, mulai membuka layanan drive-thru, yang memungkinkan pelayat untuk memberikan uang duka cita tanpa harus keluar dari mobil.

Dilansir dari Japan Today, pada Minggu (17/12/2017), pembukaan jendela drive-thru itu diklaim sebagai yang pertama di Jepang.

Baca juga : Perusahaan Jepang Bayar Gaji Karyawan dengan Bitcoin

Tujuan pendirian fasilitas tersebut untuk mempermudah para manula dan peyandang disabilitas agar tetap dapat menghadiri upacara pemakaman.

Namun, layanan drive-thru tersebut juga bisa digunakan bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu banyak agar tetap dapat memberikan penghormatan pada kerabat yang meninggal dunia.

Pengendara mobil dapat memberikan uang duka cita melalui jendela drive-thru, sekaligus memasukkan nama dan alamat mereka pada perangkat yang diberikan resepsionis.

Baca juga : 80 Persen Warga Jepang Terancam Gagal Menyelamatkan Diri saat Terjadi Serangan Misil

Kemudian, mereka menyerahkan uang duka cita dan dupa sebagai persembahan. Wajah pelayat yang menggunakan fasilitas drive-thru akan ditunjukkan melalui layar monitor di dalam rumah duka.

Hal tersebut memungkinkan para pelayat lainnya dapat melihat siapa saja yang hadir dalam upacara pemakaman tersebut.

"Fasilitas ini berguna bagi pelayat yang biasanya tidak bisa menghadiri upacara pemakaman," kata seorang warga, Kazuhiro Ogura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com