Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin dan Trump Bahas Korea Utara Melalui Sambungan Telepon

Kompas.com - 15/12/2017, 08:35 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


MOSKOW, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mendiskusikan masalah perkembangan program nuklir Korea Utara dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump melalui sambungan telepon pada Kamis (14/12/2017).

Dilansir dari VOA, kedua kepala negara membahas situasi di beberapa zona kritis, dengan fokus memecahkan isu nuklir di semenanjung Korea.

Pada siaran pers yang dikeluarkan Gedung Putih, keduanya bekerja sama untuk menghasilkan solusi terkait situasi berbahaya di Korea Selatan.

Selain itu, Trump juga berterima kasih kepada Putin yang mengakui peforma kuat ekonomi AS.

Sebelumnya, AS menyatakan siap untuk berbicara dengan Korea Utara tanpa prasyarat, kendati Kim Jong Un telah meluncurkan beberapa rudal balistik antarbenua dalam beberapa bulan terakhir.


Menteri Luar Negeri Rex Tillerson mengatakan untuk sementara pemerintah Trump masih bertekad untuk memaksa Pyongyang menghapuskan program senjata nuklirnya dengan mengadakan pertemuan tanpa prasyarat.

"Sangat tidak realistis mengatakan kami hanya akan berdiskusi jika mereka (Korut) datang dan siap menyerahkan senjatanya. Mereka sudah berinvestasi sangat banyak di sana," ujar Tillerson.

Baca juga : Korea Utara Kecam Wacana Blokade Laut dari AS

Putin, dalam konferensi pers tahunannya pada Kamis (14/12/2017), dengan ratusan wartawan di Moskow, menanggapi masalah ancaman nuklir yang dihadapi AS.

Namun, dia meminta semua pihak untuk berhenti memperparah situasi. Dia menegaskan Rusia tidak mengakui status Korea Utara sebagai negara berkekuatan nuklir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com