Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sable Yu, Aktris asal Indonesia, Mengaku Dilecehkan Sutradara Inggris

Kompas.com - 14/12/2017, 15:36 WIB

KOMPAS.com - Seorang aktris Indonesia-China, Sable Yu, melontarkan tuduhan bahwa Bey Logan seorang sutradara Inggris yang juga 'tangan kanan' Harvey Weinstein di Asia, bertindak tidak senonoh kepadanya.

Skandal serangan seksual Holywood sungguh memasuki babak baru.

Sable Yu adalah aktris yang bermain sebagai peran utama film Snowblade, yang disutradarai oleh Bey Logan, produksi tahun 2011 yang gagal diselesaikan karena mendapat kesulitan dana di tengah jalan.

Dikutip berbagai media, Sable Yu menyebut di satu sisi Logan mengatakan kepadanya "bahwa tidur dengan Weinstein dapat meningkatkan kariernya," seperti dikutip media film internasional, Holywood Reporter.

Di sisi lain, ia mengatakan bahwa Bey Logan sendiri melakukan pelecehan seksual terhadapnya. Tuduhan itu dibantah Bey Logan dalam pernyataan ke berbagai media.

Sable Yu adalah satu dari tujuh aktris di Hongkong namun satu-satunya yang terbuka megungkapkan jati dirinya, yang mengemukakan tuduhan serangan atau pelecehan seksual terhadap Bey Logan.

Logan adalah sutradara asal Inggris yang pernah menjadi 'tangan kanan' Harvey Weinstein di Hongkong.

Harvey Weinstein sendiri -produser besar Holywood yang menghasilkan banyak film sukses yang dibintangi para aktor dan aktris terbesar Holywood- dilanda aib oleh berbagai tuduhan serangan seksual dari belasan aktris di Amerika dan Eropa.

Tuduhan-tuduhan terhadap Logan pertama kali dilaporkan oleh Holywood Reporter, lalu ditindaklanjuti oleh berbagai media, termasuk media Hongkong seperti South China Morning Post, SCMP, dan situs berita HK01.

Kepada HK01, Sable Yu, aktris kelahiran Jakarta yang dikenal juga dengan nama Yung Yung Yu ini menyebut bahwa dalam satu kesempatan, pelecehan seksual itu dilakukan di hadapan para pemain lain.

Bey Logan mengharuskannya 'telanjang hingga hanya berpakaian dalam dari hari ke hari agar dia bisa memeriksa tubuhnya, apakah kelebihan berat badan," kutip SCMP.

Pada tahun 2011, dalam proses pengambilan gambar flm kung fu Snowblade karya Bey Logan, Sable Yu berada di kantor film itu hanya bersama sang sutradara.

Dalam wawancara video dengan HK01, Sable Yu mengatakan Logan hendak memperlihatkan alat vitalnya. Yu menolaknya, tetapi Logan tetap menarik tangan Sable Yu dan menempelkannya ke bagian pribadi itu, dan bertanya lagi: "Kamu mau itu?"

Sable Yu menolak lagi.

Dia mengaku saat itu tidak mengungkapkan penolakannya secara keras karena menganggap bahwa hal itu bukan pelanggaran yang terlalu serius terhadap tubuhnya dan bahwa keduanya sama-sama minum alkohol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com