Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2017, 23:11 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NAYPYIDAW, KOMPAS.com - Kepolisian Myanmar telah menahan dua wartawan Reuters yang dituduh menyimpan dan memiliki dokumen keamanan penting.

Pemerintah setempat, pada Rabu (13/12/2017) melaporkan telah menahan dua jurnalis berkewarganegaraan Myanmar yang bekerja untuk Reuters, Wa Lone (31) dan Kyaw Soe Oo (27).

Keduanya semula dilaporkan oleh media tempat mereka bekerja, telah hilang sejak Selasa (12/12/2017) malam.

Keduanya kini diketahui ditahan di bawah Undang-undang Rahasia Resmi karena diduga akan mengirimkan dokumen keamanan penting terkait pasukan keamanan di negara bagian Rakhine kepada agen asing di luar negeri.

Demikian dilaporkan melalui pihak Kementerian Informasi Myanmar.

Baca juga: Prajurit Pembocor Dokumen Rahasia Militer AS Segera Dibebaskan

Kepastian penangkapan tersebut ditunjukkan dengan sebuah foto yang menampilkan dua wartawan tersebut dalam keadaan terborgol dan sejumlah dokumen diletakkan di hadapan keduanya.

"Kami akan segera mencari lebih banyak informasi mengenai keadaan penangkapan kedua wartawan kami dan situasi mereka saat ini," kata Kepala Komunikasi Global Reuters Abbe Serphos dikutip AFP.

Menurut agensi tersebut, sebelum bergabung, Wa Lone bekerja di koran berbahasa Inggris, The Myanmar Times. Sementara Kyaw Soe Oo baru bekerja untuk perusahaan tersebut sejak bulan September.

Selain dua wartawan tersebut, pernyataan pemerintah juga mengungkapkan dua polisi yang belum lama kembali dari tugas di Rakhine utara turut ditahan.

Baca juga: Diduga Palsukan Dokumen, WN Norwegia Dibekuk Polisi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com