Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2017, 09:21 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP


PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji memenangi pertarungan melawan Amerika Serikat dengan persenjataan nuklir yang dimilikinya.

Dilansir dari AFP, Rabu (13/12/2017), Kim mengatakan, setelah uji coba rudal terakhir November lalu, negaranya akan terus maju dengan cepat dan menjadi negara berkekuatan nuklir.

Dia juga menegaskan, militer Korea Utara menjadi yang terkuat di dunia.

"Industri pertahanan nasional akan terus berkembang dan kami akan memenangi pertarungan dengan imperialis dan AS," katanya secara tidak langsung pada sebuah konferensi, Selasa (12/12/2017), seperti yang diwartakan kantor berita KCNA.

Baca juga: Apakah Korea Utara Sedang Mengembangkan Senjata Biologi?

Kim menambahkan, militernya telah merampungkan pembuatan senjata nuklir untuk "perjuangan melawan kematian" meski harus mengeluarkan biaya yang besar.

AFP Uji Misil dan Nuklir Korea Utara
Komentar Kim muncul saat kekuatan global terus menanggapi krisis tersebut dengan AS yang mendukung sanksi ekonomi dan diplomatik terhadap Korea Utara untuk menghentikan upaya pengembangan nuklirnya.

Korea Utara memiliki senjata nuklir yang telah mengguncangkan masyarakat internasional dengan serangkaian ledakan dan peluncuran rudal.

Terbaru, pada 29 November 2017, Kim Jon Un melakukan uji coba rudal balistik antarbenua terjauh (ICBM) yang mampu menjangkau semua kota besar di AS.

Baca juga: Uji Coba Rudal Korea Utara Ancam Keselamatan Penerbangan Komersial

Banyak analis memperkirakan, rudal ICBM Hwasong-15 mampu mencapai daratan AS.

Peluncuran rudal pada bulan lalu merupakan uji coba pertama sejak 15 September 2017 yang seakan menghapuskan harapan kemungkinan Korea Utara menahan diri dan membuka pintu menuju solusi mengatasi masalah nuklir yang kian buntu.

Kebuntuan solusi nuklir memicu kekhawatiran akan konflik besar lainnya di kawasan tersebut, setelah Perang Korea 1950-1953 membuat sebagian besar semenanjung itu hancur.

Analis menyebutkan, jika perang kedua di Semenanjung Korea terjadi, puluhan ribu warga Korea Selatan dan 28.500 tentara AS yang berada di Korea Selatan akan terbunuh pada awal perang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com