Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Bom Manhattan Berniat Meledakkan Diri Setelah Melihat Poster Natal

Kompas.com - 12/12/2017, 14:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

 

NEW YORK, KOMPAS.com - Akayed Ullah, pelaku peledakan bom di terowongan bawah tanah Terminal Bus Pelabuhan Manhattan Senin (11/12/2017), diperiksa oleh aparat New York di Rumah Sakit Bellevue.

Kepada polisi, Ullah yang merupakan imigran asal Bangladesh itu menyatakan sejak awal berniat meledakkan diri di lorong bawah tanah antara terminal bus dan Times Square.

Dilansir New York Post, niat itu timbul ketika dia melihat poster Natal yang dipasang di sana.

Melihat poster itu, Ullah langsung memiliki keinginan untuk mengikuti aksi teror yang dilakukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) saat Natal di Jerman 19 Desember 2016.

Saat itu, seorang anggota ISIS mengemudikan truk ke arah Pasar Natal di Berlin, dan menabrak pejalan kaki.

Baca juga : Pelaku Mengebom Terminal Bus Manhattan untuk Balas Dendam

Aksinya menewaskan 12 orang, dan melukai 56 orang di pasar tersebut.

Si pelaku, seorang pria Tunisia bernama Anis Amri, tewas tertembak oleh polisi Italia ketika berada di Milan 23 Desember 2016.

Selain penabrakan yang dilakukan Amri, ISIS juga kerap meluncurkan poster ancaman bakal melakukan aksi teror saat Natal dan Tahun Baru.

Terakhir, kepolisian Inggris, menyatakan menerima ancaman dari ISIS bahwa mereka bakal menyerang London.

Tidak sekedar menampilkan gambar anggota yang tengah berada di Oxford Street, terdapat juga poster bergambar Ratu Elizabeth dengan pisau berdarah di atasnya.

"Dia (Ullah) mengakui telah merencanakan untuk meledakkan diri di sana," demikian pernyataan kepolisian New York atau NYPD.

Selain terinspirasi ISIS, Ullah juga mengatakan aksinya sebagai bentuk kemarahan atas berbagai penyiksaan yang terjadi Jalur Gaza, Suriah, dan Irak.

Sebelumnya, diberitakan bom berbentuk pipa yang direkatkan di perut Ullah meledak secara prematur di terowongan penghubung terminal dan Times Square.

Ullah menderita luka bakar yang sangat serius di perut dan lengannya.

Selain Ullah, dilaporkan tiga orang yang berada di dekatnya juga terluka. Namun, luka ketiga orang itu diberitakan hanya luka minor dan tidak mengancam nyawa.

Baca juga : ISIS Rilis Poster Ancaman Serangan ke Inggris Jelang Natal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com