Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Siap Kirim Pasukan Militer ke Yerusalem

Kompas.com - 11/12/2017, 21:11 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Jazeera

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Malaysia menyatakan kesiapan pasukan militernya untuk dikirim ke Yerusalem.

Hal tersebut menanggapi situasi di Yerusalem menyusul pengakuan Presiden AS Donald Trump yang mengatakan kota tersebut sebagai ibu kota Israel.

"Kami siap menerima perintah dari Panglima Angkatan Bersenjata. Semoga layanan kami dibutuhkan," kata Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein dalam sebuah pidato pada Sabtu (9/12/2017), menurut The Malay Mail Online.

Baca juga: Serangan Militer Israel Hancurkan Terowongan Hamas di Jalur Gaza

Dikutip dari Al Jazeera, Husein mengatakan pernyataan Trump terhadap Yerusalem sebagai tamparan bagi seluruh umat muslim di dunia.

Meskipun terpisah jarak ribuan kilometer, Malaysia yang berpenduduk mayoritas beragama Islam memang telah sejak lama mendukung Palestina dalam mendapat pengakuan kenegaraan.

"Kami terkejut saat mendengar berita awal pekan ini dan khawatir akan mempengaruhi stabilitas geopolitik secara global," tambah Hussein.

Sementara, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, meskipun dia tegas menolak keputusan Trump atas Yerusalem, hubungan bilateral tidak akan terpengaruh.

Namun baginya, tindakan Trump itu juga bisa mempersulit kemajuan pada solusi dua negara antara Israel dan Palestina.

Baca juga: Langkah Palestina yang Tak Mau Temui Wapres AS Dikritik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com