Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Buka Bioskop Pertama Tahun Depan

Kompas.com - 11/12/2017, 17:04 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi mengatakan segera mengizinkan pembukaan bioskop untuk pertama kalinya setelah 35 tahun.

Pencabutan larangan terhadap bioskop ini merupakan bagian dari rencakan pemerintah Saudi untuk menghidupkan industri hiburan demi memperbaiki perekonomian negeri itu.

Kementerian Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi pada Senin (11/12/2017) mengatakan, bioskop multi-layar pertama akan dibukan pada Maret 2018.

Pemerintah Saudi menargetkan hingga 2030 diharapkan negeri itu sudah memiliki 300 buah bioskop dengan lebih dari 2.000 layar.

Baca juga : Bioskop Porno Terakhir di Perancis Gulung Tikar

Pemerintah melarang bioskop pada 1980-an dan pencabutan larangan ini masih mendapatkan tentangan dari sejumlah ulama terkemuka negeri itu.

"Film berpotensi untuk menyebarkan hal-hal amoral, ateisme, dan keburukan lainnya," kata ulama besar Sheik Abdulaziz al-Sheikh menurut harian The Guardian.

Beberapa pekan terakhir ini aturan mengenai pemutaran film di Arab Saudi sudah semakin longgar.

Bahkan, pemutaran film dilakukan di beberapa tempat sebagai uji coba sebelum larangan resmi dicabut.

Keputusan pencabutan larangan bioskop ini merupakan bagian dari Visi 2030 yaitu serangkaian reformasi di bidang ekonomi dan budaya yang ditujukan untuk membawa Saudi ke masa modern.

Visi 2030 diluncurkan pada 2016 oleh, Pangeran Mohammed bin Salman, yang saat itu masih menjabat wakil putra mahkota Arab Saudi.

Tujuan agenda ini adalah juga untuk memangkas angka pengangguran dan meningkatkan investasi di sektor swasta hingga 25 persen.

Baca juga : China Bangun Bioskop di Pulau Sengketa di Laut China Selatan

Arab Saudi sebenarnya tak asing dengan produksi film di masa lalu.

Pada 2013, untuk pertama kalinya film Arab Saudi masuk dalam nominasi Academy Award lewat "Wadjda" karya sutradara perempuan Haifaa al-Mansour.

Saudi kini berharap film komedi romantisnya "Barakah Meets Barakah" yang ditayangkan perdana di Festival Film Berlin juga bisa masuk ke dalam nominasi Oscar tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com