Al Qaeda Ajak Serang AS dan Inggris sebagai Balasan Agresi Trump - Kompas.com

Al Qaeda Ajak Serang AS dan Inggris sebagai Balasan Agresi Trump

Agni Vidya Perdana
Kompas.com - 08/12/2017, 15:49 WIB
Pasukan Front al-Nusra, sayap Al Qaeda di SuriahGetty Images/AFP/OH Kadour Pasukan Front al-Nusra, sayap Al Qaeda di Suriah

WASHINGTON, KOMPAS.com - Kelompok teroris Al Qaeda menyerukan kepada pendukungnya untuk melancarkan serangan kepada Amerika Serikat dan Inggris, menyusul pengakuan Trump tentang Jerusalem.

Dari pantauan situs intelijen yang berbasis di AS, kelompok teror telah memanggil para pendukungnya untuk menyerang AS dan sekutu-sekutunya sebagai tanggapan atas pernyataan Presiden Trump.

Dalam pernyataannya, kelompok militan Islam mengatakan keputusan Trump sebagai tindakan langkah normalisasi antara negara-negara Teluk Arab dan Israel.

Baca juga: Trump Akui Kedaulatan Israel dengan Ibu Kota Jerusalem

"Pengakuan Jerusalem sebagai ibu kota zionis adalah bentuk agresi terang-terangan terhadap kesucian umat Islam. Juga menjadi tantangan nyata bagi umat muslim di dunia yang melihat sentralitas perjuangan Palestina."

"Menghadapi kejadian serius ini, kita berdiri di samping orang-orang Palestina dan mendukung mereka dengan semua yang kita miliki," tulis pernyataan itu.

Al Qaeda mengajak semua umat muslim untuk membantu dengan harta maupun senjata dan meminta militan Islam untuk siap mendukung Palestina.

Demikian pernyataan kelompok AQAP yang dibentuk pada 2009 saat kelompok Al Qaeda di Arab Saudi dan Yaman masih bersatu.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada Rabu (6/12/2017), sudah saatnya untuk mengakui Jerusalem secara resmi sebagai ibu kota Israel.

Keputusan itu mengurai kembali hasil kerja bertahun-tahun dalam menjaga perdamaian di Timur Tengah dan memicu peringatan Hamas tentang kemungkinan pemberontakan terhadap Israel.

Serangkaian protes juga muncul menyusul pernyataan Trump, menyebabkan ribuan tentara Israel diberangkatkan untuk mengatasi ketegangan. Kelompok Islam menyebut Trump telah membuka gerbang neraka dengan agresi terang-terangan.

Baca juga: 28 Negara Uni Eropa Peringatkan Trump Tak Pindah Kedutaan AS ke Jerusalem

 

PenulisAgni Vidya Perdana
EditorAgni Vidya Perdana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM