Seni Memutar Pizza Napoli jadi Warisan UNESCO - Kompas.com

Seni Memutar Pizza Napoli jadi Warisan UNESCO

Ardi Priyatno Utomo
Kompas.com - 07/12/2017, 17:08 WIB
Pembuat pizza di Napoli, Italia, menunjukkan Pizzaioli atau seni memutar adonan pizza. Pizzaioli dinobatkan sebagai warisan tak terlihat dari UNESCOTiziana FABI/AFP Pembuat pizza di Napoli, Italia, menunjukkan Pizzaioli atau seni memutar adonan pizza. Pizzaioli dinobatkan sebagai warisan tak terlihat dari UNESCO

NAPOLI, KOMPAS.com - Masyarakat di Napoli, Italia, saat ini tengah berpesta.

Sebab, badan PBB yang fokus kepada pendidikan dan kebudayaan, UNESCO, menahbiskan seni pembuatan pizza masuk ke dalam "kebudayaan tak terlihat".

Pizzaioli adalah seni memutar adonan pizza hingga mengembang sebelum ditaruh di piring, dan ditaburi berbagai isian serta keju, dan dipanggang.

Keputusan ini diambil setelah Komite Kebudayaan Dunia menggelar pertemuan di Pulau Jeju, Korea Selatan.

"Akhirnya, setelah 250 tahun, pizza masuk ke dalam warisan UNESCO! Selamat Napoli!" kata pembuat piza bernama Enzo Coccia sambil menangis seperti dikutip AFP Kamis (7/12/2017).

Caccio melanjutkan, Pizza Napoli yang enak tidak hanya dibuat dari bahan dasar seperti tepung, air, garam, dan ragi yang semuanya didapatkan dari kawasan Campania.

Baca juga : Kenali Luigi Di Maio, Calon Perdana Menteri Italia Termuda

"Pizza yang enak juga dibuat dari tangan, hati, dan jiwa melalui pizzaioli sehingga memberi sentuhan ajaib," papar Caccio.

Ketika adonan ditekan menggunakan jari, dan diputar, Coccia mengatakan segala perasaan sebagai pembuat pizza dicurahkan ke dalam adonan.

"Proses ini telah berlangsung berabad-abad," lanjut Coccia kembali.

Sebelum pengumuman itu dibuat, Rabu (6/12/2017), jalanan Napoli telah dipenuhi cakram berisi adonan pizza yang dilempar ke udara.

Mereka melakukan pizzaioli di udara untuk memberikan "oksigen" kepada adonan agar empuk dan mengembang sempurna.

Sergio Miccu, Ketua Asosiasi Pizzaioli Napoli berkata, dua juta orang telah menandatangani petisi agar Pizzaioli dimasukkan ke dalam warisan UNESCO.

"Kami telah berjanji bakal memberikan pizza gratis jika UNESCO memasukkan pizzaioli," kata Miccu dilansir The Guardian.

Menteri Kebudayaan Italia, Dario Franceschini berkata, status pizza sebagai makanan yang mendunia membuat orang acap lupa dari mana makanan itu berasal.

"Keputusan UNESCO ini akan menetapkan satu hal; Pizza memang makanan dunia, tapi lahir dari Napoli," tegas Franceschini.

Baca juga : Polisi Italia Bebaskan Wanita yang Diculik dan Disekap Selama 10 Tahun

PenulisArdi Priyatno Utomo
EditorArdi Priyatno Utomo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM