Pemimpin Tersingkir Catalonia Belum Bersedia Kembali ke Spanyol - Kompas.com

Pemimpin Tersingkir Catalonia Belum Bersedia Kembali ke Spanyol

Agni Vidya Perdana
Kompas.com - 06/12/2017, 20:55 WIB
Pemimpin tersingkir Catalonia Carles Puigdemont belum akan kembali ke Spanyol meski sudah tidak ada lagi surat penangkapan untuk dirinya.EMMANUEL DUNAND / AFP Pemimpin tersingkir Catalonia Carles Puigdemont belum akan kembali ke Spanyol meski sudah tidak ada lagi surat penangkapan untuk dirinya.

BRUSSELS, KOMPAS.com - Pemimpin tersingkir Catalonia Carles Puigdemont mengatakan bakal tinggal di Belgia untuk sementara meskipun Spanyol telah mencabut perintah penangkapannya.

Puigdemont beralasan, pemerintah Spanyol menarik perintah penangkapan terhadap dirinya dan empat mantan menteri Catalonia hanya karena takut pada opini masyarakat dunia.

Dia mengatakan akan kembali ke Catalonia hanya jika partainya meraih kemenangan dalam pemilihan yang akan dilangsungkan pada 21 Desember 2017 mendatang.

Baca juga: Spanyol Tarik Perintah Penangkapan Eropa kepada Pemimpin Catalonia

"Saat saya tiba di sini, saya tidak tiba di Belgia. Saya datang ke Brussels sebagai ibu kota Eropa, di mana kami dapat mempertahankan hak-hak kami dengan lebih baik."

"Dan hal tersebut tidak akan berubah," kata Puigdemont dalam konferensi pers usai keputusan penarikan perintah penangkapannya oleh Spanyol.

"Bisakah kami bergerak di sekitar Uni Eropa tanpa rasa takut? Saat ini kami belum punya jawabannya. Untuk saat ini kami akan tetap di sini," tambahnya dikutip dari AFP, Rabu (6/12/2017).

Sebelumnya pada Senin (4/12/2017), secara mengejutkan Hakim Agung Spanyol Pablo Llarena menarik surat perintah penangkapan internasional untuk Puigdemont dan empat menterinya.

Alasannya, kelima orang yang dicari itu telah menunjukkan niat untuk kembali ke Spanyol untuk ambil bagian dalam pemilihan regional.

Namun Spanyol juga mengatakan akan tetap menahan separatis jika mereka kembali.

Baca juga: Mahkamah Agung Spanyol Tetap Tahan 4 Pejabat Catalonia

PenulisAgni Vidya Perdana
EditorAgni Vidya Perdana
SumberAFP
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM