Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Tolak Ajakan Dialog AS Bahas Korea Utara

Kompas.com - 05/12/2017, 21:54 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Amerika Serikat bersama Kanada tengah menyiapkan pertemuan multilateral pada Desember ini untuk membahas soal Korea Utara.

Pertemuan direncanakan diadakan Komando PBB di Vancouver sebelum akhir tahun ini. Namun Jepang meyakini pertemuan membahas pengembangan misil balistik Korea Utara itu belum akan berlangsung tahun ini.

Jepang juga mencemaskan tindakan dialog justru akan kembali menjauhkan upaya penekanan kepada Pyongyang.

Baca juga: Daerah di Jepang Gelar Latihan Penyelamatan Sebagai Antisipasi Korut

Komando PBB sebagai koalisi yang dipimpin AS dan dibentuk saat pecahnya Perang Korea untuk mendukung Korea Selatan.

Sementara pemerintah Jepang secara tegas masih dengan pendiriannya untuk memberi tekanan dan bukan dialog kepada Korea Utara.

Belum lagi dengan adanya kemungkinan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson sebagai ketua perundingan akan segera digantikan dari jabatannya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland bersama dengan Tillerson mengumumkan akan adanya perundingan menyusul dilakukannya uji coba misil balistik oleh Korea Utara.

Namun Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono mengatakan jadwal perundingan akan berbenturan dengan agenda Dewan Keamanan PBB, di mana dia akan memimpin pertemuan tingkat tinggi di New York.

Kono juga menyarankan kepada Kanada untuk menilik kembali perwakilan yang diundang dalam perundingan dan melihat hubungannya dengan situasi di Semenanjung Korea.

Salah seorang pejabat senior juga menyebut gagasan perundingan tidak sesuai dengan arahan Jepang.

Perdana Menteri Shinzo Abe telah lama mendorong masyarakat internasional untuk meningkatkan tekanan diplomatik dan ekonomi terhadap Korea Utara dan mengesampingkan dialog.

Baca juga: Inilah Sasaran Nuklir Korut di AS, Jepang, dan Korea Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com