Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tarik 400 Tentara Marinir dari Operasi Anti-ISIS di Suriah

Kompas.com - 30/11/2017, 23:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Amerika Serikat menarik mundur lebih dari 400 tentara marinirnya dari misi memerangi kelompok ISIS di Suriah.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kekuatan militer AS di kawasan itu pasca-keberhasilan merebut kota Raqa yang menjadi pusat kelompok jihadis.

"Pasukan marinir mendukung pasukan koalisi dengan serangan artileri yang tepat dalam melawan ISIS," demikian pernyataan yang disampaikan koalisi pada Kamis (30/11/2017).

"Dengan dibebaskannya kota yang dikuasai ISIS, maka pasukan tersebut diperintahkan untuk kembali. Demikian pula pasukan pengganti telah dibatalkan," tambah pernyataan itu.

Baca juga: Helikopter Marinir AS Terbakar di Okinawa

Pemimpin Operasi Brigadir Jenderal Jonathan Braga menyebut tindakan penarikan tersebut sebagai tanda kemajuan setelah wilayah yang dikuasai jihadis berkurang drastis di Suriah dan Irak hingga tersisa di beberapa daerah.

"Kami menurunkan kekuatan tempur pasukan namun tetap melanjutkan upaya membantu sekutu Suriah dan Irak menjaga keamanan," kata Braga.

Laporan terbaru dari Pentagon mengatakan pada 30 September 2017, militer AS menempatkan 1.720 tentaranya di Suriah dan 8.892 di Irak.

Aliansi pejuang Kurdi dan Arab, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) telah merebut kembali kota Raqa dari ISIS pada Oktober lalu dalam sebuah pertempuran yang didukung kekuatan artileri dan serangan udara dari koalisi pimpinan AS.

Baca juga: 20 Perempuan Marinir AS Laporkan Kasus Foto Bugil Mereka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com