Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Para Jenderal "Korban" Pemberantasan Korupsi di China

Kompas.com - 29/11/2017, 10:09 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Jenderal Zhang Yang, mantan ketua Komisi Militer Pusat (CMC) yang berkuasadi China, pekan lalu bunuh diri saat diselidiki karena diduga korupsi.

Zhang adalah salah satu perwira berpangkat paling tinggi yang meninggal dunia saat diselidiki karena diduga terlibat korupsi.

Sejak Presiden Xi Jinping mengumandangkan perang melawan korupsi sejak berkuasa pada November 2012, beberapa perwira militer China menjadi korban, siapa saja mereka?

Xu Caihou

Di dalah wakil ketua CMC di bawah pemerintahan pendahulu Xi Jinping, Presiden Hu Jintao. Xu pensiun dari kemiliteran pada 2012.

Baca juga : Dituding Korupsi, Pejabat Militer Senior China Tewas Gantung Diri

Pada Maret 2014, dia diselidiki terkait dugaan korupsi dan dikeluarkan dari Partai Komunis pada Juni 2014.

Saat penyelidikan berjalan setahun, Xu meninggal dunia di rumah sakit akibat kanker kandung kemih yang dideritanya. Demikian dilaporkan kantor berita Xinhua pada Maret 2015.

Xu dituduh menerima suap dalam jumlah besar baik secara langsung atau lewat anggota keluarganya dan menyalahgunakan wewenang untuk mempromosikn kawan-kawan dekatnya.

Menurut media China, petugas membutuhkan waktu sepekan untuk menghitung semua harta milik Xu dan saat hartanya disita dibutuhkan 12 truk untuk mengangkutnya.

Laksamana Madya Ma Faxiang.SCMP Laksamana Madya Ma Faxiang.
Ma Faixang

Laksamana Madya Ma Faixang adalah perwira dengan pangkat tertinggi kedua dalam jajaran AL China. Dia bunuh diri dengan cara melompat dari sebuah gedung di Beijing pada November 2014.

Baca juga : Korupsi di China, Mulai Bak Mandi Emas hingga Uang Tunai 1 Ton

Saat itu, Ma Faixang menjabat wakil komisaris AL China, sebuah posisi yang menempatkan dia dalam tugas pendidikan dan doktrin ideologi untuk personel militer China.

Ma dianggap memiliki hubungan dengan Xu Caihou dan Guo Boxiong, seorang mantan wakil ketua CMC yang juga dituduh terlibat dalam korupsi.

Halaman:
Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com