Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emmerson Mnangagwa Resmi Menjabat Presiden Zimbabwe

Kompas.com - 24/11/2017, 17:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

HARARE, KOMPAS.com — Zimbabwe resmi memiliki presiden baru. Wakil presiden yang sempat dipecat, Emmerson Mnangagwa, telah dilantik dan mengucap sumpah sebagai presiden.

Prosesi pelantikan dilangsungkan di stadion olahraga nasional Harare, Jumat (24/11/2017), dengan dihadiri puluhan ribu warga Zimbabwe dan pendukung Mnangagwa.

Mnangagwa menggantikan presiden sebelumnya, Robert Mugabe, yang mengundurkan diri setelah didesak militer.

Baca juga: Calon Presiden Baru Zimbabwe Ternyata Gemar Mengenakan Batik

Sempat tersingkir dan dipecat dari posisi wakil presiden karena berselisih dengan istri Mugabe, Mnangagwa sukses membalik keadaan dan menempati posisi pemimpin tertinggi Zimbabwe.

"Saya Emmerson Dambudzo Mnangagwa bersumpah bahwa sebagai presiden Republik Zimbabwe saya akan setia kepada Zimbabwe, mematuhi, menjunjung tinggi, dan mempertahankan konstitusi dan undang-undang Zimbabwe," ujarnya saat diambil sumpahnya di hadapan hakim agung.

Puluhan ribu warga Zimbabwe memadati Stadion Olahraga Nasional Harare untuk menyaksikan secara langsung proses pelantikan presiden baru mereka.

Sejumlah penembak jitu bersiaga di sekitar stadion di tengah ketatnya pengamanan setelah pendukung Mnangagwa mulai memasuki lokasi dengan diiringi tarian dan musik.

Baca juga: Inggris Kirim Utusan Jelang Pelantikan Pemimpin Baru Zimbabwe

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com