Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Sukses Luncurkan Misil Tercepat di Dunia dari Jet Tempur

Kompas.com - 23/11/2017, 15:50 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Militer India untuk pertama kali sukses menguji coba misil BrahMos dari sebuah jet tempur Sukhoi Su-30.

Kementerian Pertahanan India mengatakan, keberhasilan ini bisa mengubah "permainan" bagi seluruh angkatan udara di dunia.

"Kesuksesan uji coba menembakkan BrahMos dari sebuah Su-30MKI akan meningkatkan kemampuan tempur AU India," demikian pernyataan Kemenhan India.

Pesawat Su-30 yang sudah dimodifikasi untuk membawa misil BrahMos itu diterbangkan dari pangkalan AU Kalaikunda di negara bagian Bengal Barat, Rabu (22/11/2017).

Baca juga : Seoul: Tahun Ini Korea Utara Bisa Tembakkan Misil ke Daratan AS

Misil yang dilepaskan dari udara itu dengan tepat mengenai sasaran yang ditentukan yaitu sebuah kapal yang sudah tak berfungsi di Teluk Bengala.

Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman mengucapkan selamat kepada perusahaan yang mengembangkan misil tersebut, BrahMos Aerospace.

Keberhasilan uji coba ini merupakan pertanda bahwa misil BrahMos siap digunakan AU India dalam waktu dekat.

Militer India berencana melengkapi setidaknya dua skuadron Su-30, atau sebanyak 18 pesawat, dengan misil penjelajah ini.

Misil BrahMos merupakan hasil kerja sama India dan Rusia. Namanya juga merupakan singkatan dari nama sungai Brahmaputra dan Moskwa.

Misil supersonik seberat 2,5 ton ini merupakan yang tercepat di dunia karena mampu mencapai melesat tiga kali kecepatan suara dengan daya jangkau maksimal 290 kilometer.

Baca juga : Parasut Membelit Baling-baling, Helikopter AU India Jatuh

Sebelumnya, wakil PM Rusia Dmitry Rogozin mengatakan, di masa depan pesawat Su-30MKI bisa membawa lebih dari satu misil BrahMos, tetapi bisa membawa tiga misil lebih kecil dari kelas yang sama.

Sementara India tengah berupaya mengembangkan misil BrahMos yang sudah ditingkatkan kemampuannya hingga bisa mencapai sasaran dengan jarak 450 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com