Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Orang yang Pindah ke Desa Ini Dapat Uang Tunai Rp 960 Juta

Kompas.com - 23/11/2017, 12:10 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Mirror

BERN, KOMPAS.com - Sebuah desa yang terletak di pegunungan Swiss menghadapi ancaman "kepunahan" setelah sebagian penduduk meninggalkan desa itu.

Desa Albinen, yang terletak di Canton Valais, kini hanya dihuni 240 orang karena sebagian besar penduduknya memilih untuk pindah ke kota.

Sehingga, kini desa yang terletak di ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut kini mencoba cara ekstrem untuk mengisi kekosongan penduduknya.

Menurut kepala desa Albinen, Beat Jost, desa itu memiliki karakteristik yang tenang, pemandangan alam fenomenal, kualitas udara yang bagus, dan banyak sinar matahari.

Baca juga : Kota di Selandia Baru Ini Kelebihan Rumah dan Pekerjaan, tetapi Kekurangan Penduduk

Meski desa ini hanya berjarak sekutar 6,5 kilometer dari kota wisata Leukerbad dan hanya berjarak 35 menit berkendara di Sion, ibu kota Canton Valais, serta kota industri Visp, desa ini terus kehilangan penduduk karena minimnya lapangan kerja.

Jost mengatakan dalam beberapa tahun terakhir desa tersebut sudh kehilangan delapan keluarga yang total memiliki delapan orang anak. Akibatnya, sekolah desa terpaksa ditutup.

Kini, hanya 240 orang tinggal di desa Albinen, tujuh di antaranya adalah anak-anak yang harus menggunakan bus untuk bersekolah ke kota terdekat.

Jost mengatakan, desa itu kini mencari orang-orang berusia di bawah 45 tahun untuk tinggal banyak rumah kosong yang desa itu atau untuk membeli tanah dan membangun properti pribadi.

Sekelompok warga pada Agustus lalu meluncurkan petisi yang ditandatangani lebih dari separuh warga desa tersebut.

Lewat petisi itu warga meminta pemerintah setempat untuk menawarkan uang tunai bagi mereka yang ingin tinggal di desa tersebut demi mengurangi tren perginya warga desa.

Berdasarkan inisiatif tersebut, yang akan diputuskan lewat voting pada 30 November mendatang, maka setiap orang yang berusia di bawah 45 tahun yang ingin membangun, membeli atau merenovasi rumah di desa itu akan mendapatkan bantuan.

Jika dewan pemerintah desa menerima usulan itu maka setiap orang dewasa dengan usia maksimal 45 tahun akan mendapatkan 25.000 franc Swiss dan 10.000 franc Swiss untuk tiap anak-anak mereka.

Artinya, pasangan suami istri dengan dua anak jika pindah ke desa itu akan mendapatkan bantuan uang sebesar 70.000 franc Swiss atau sekitar Rp 960 juta.

Namun, tentu saja untuk mendapatkan uang dengan jumlah lumayan itu ada sejumlah syarat yang harus diikuti.

Baca juga : Berdebat soal Sinetron India, Ratusan Warga Desa di Banglades Tawuran

"Siapa saja yang dalam waktu 10 tahun pergi meninggalkan desa setelah mulai membangun atau membeli rumah harus mengembalikan uang yang mereka terima," kata Jost.

"Selain itu, mereka tak bisa membeli rumah kedua dan kelompok investor besar yang ingin membangun kompleks permukiman tak kami terima," lanjut Jost.

Anda berminat pindah ke desa ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com