Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Bandit "Billy The Kid" Bersama Pembunuhnya Ditemukan di Pasar Loak

Kompas.com - 23/11/2017, 11:23 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC


ASHEVILLE, KOMPAS.com - Seorang pengacara Amerika Serikat menemukan foto "Billy The Kid" di pasar loak, Asheville, Carolina Utara, Amerika Serikat.

Billy The Kid, bandit koboi AS yang merajalela pada zaman wild west. Abrams membeli foto kecil itu di pasar loak pada 2011.

Dilansir dari BBC, Rabu (22/11/2017), Frank Abrams lantas memajang foto tintype yang dia beli seharga 10 dolar AS atau Rp 130.000 di salah satu kamar tidur rumahnya, yang dia sewakan.

Abrams kemudian berkonsultasi dengan pakar sejarah dari museum di New Mexico, setelah menyaksikan program televisi tentang penemuan foto Billy The Kid lainnya.

Berdasarkan program TV itu, foto Billy The Kid yang sedang bermain croquet, memiliki sekitar 5 juta dolar AS atau sekitar Rp 67,5 miliar.

Baca juga : Foto dari Pasar Loak Dihargai Rp 66 Miliar, Apa Istimewanya?

Dalam foto yang dimiliki Abrams, terlihat lima pria dengan jas hitam, duduk dengan tatapan mengintimidasi.

Pakar sejarah mengatakan kepadanya, foto tersebut menunjukkan Billy sedang duduk bersama pembunuh di masa depannya, Patrick Floyd Garrett.

Garrett dan Billy dulunya merupakan teman dekat, namun kemudian Garrett menjadi kepala polisi Linclon County, New Mexico.

Garrett, dikenal masyarakat sebagai orang yang berhasil menembak Billy pada 1881.

"Kalau saya tahu foto itu merupakan foto terkenal dalam sejarah, saya akan menagih uang lebih untuk sewa kamar itu," kata Abrams sambil tertawa.

Baca juga : Dibeli di Pasar Loak Rp 170.000, Cincin Ini Terjual Rp 11 Miliar

Billy The Kid yang lahir dengan nama Henry McCarty, namun kemudian mengambil alias William Bonney, konon lahir di New York.

Dia diperkirakan telah pindah ke Colorado bersama ibu dan saudara laki-lakinya saat ayahnya meninggal.

Bandit yang telah melakukan sejumlah pencurian dan pelanggaran hukum berat itu diburu oleh negara bagian AS bagian selatan dan utara Meksiko.

Dia diduga telah membunuh 21 orang, meski beberapa sumber menyebutkan angkanya mencapai 27 orang.

Billy The Kid ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara pada 1878. Namun, dia lolos, dan akhirnya ditembak mati oleh sheriff Garrett pada 14 Juli 1881.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com