Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Menlu Korut Bakal Berkunjung ke Kuba

Kompas.com - 19/11/2017, 20:05 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP


HAVANA, KOMPAS.com - Menteri luar negeri Korea Utara dijadwalkan berkunjung ke Kuba pada Senin (20/11/2017) waktu setempat. Kedua negara itu sedang mengalami ketegangan dengan Amerika Serikat.

Dilansir dari AFP Minggu (19/11/2017), melalui pernyataan kementerian luar negeri Kuba, Menlu Korut, Ri Yong Ho, akan bertemu diplomat Kuba, Bruno Rodriguez Parrilla. Mereka akan berpartisipasi pada kegiatan yang belum dapat ditentukan.

Hubungan Kuba dengan AS mulai membaik sepenuhnya pada 2015, namun kembali tegang sejak kepemimpinan Presiden Donald Trump pada awal tahun ini.

Sementara, Korut terus mengancam dengan pengembangan rudal nuklirnya yang mampu menyerang hingga ke daratan AS.

Baca juga : AS Usir 15 Diplomat Kuba setelah ?Serangan Misterius? di Havana

Kuba merupakan salah satu negara komunis yang tersisa dan menjadi sekutu Korut.

Sebelumnya, pemimpin Kuba, Fidel Castro pernah mengunjungi Korut pada 1986 untuk bertemu dengan pendiri Korut Kim Il Sung. Korut pernah mengadakan tiga hari berkabung nasional, ketika Castro meninggal pada November 2016.

Korut juga mengirim delegasinya yang dipimpin oleh Choe Ryong Hae, pembantu senior Kim Jong Un, ke Havana untuk menghadiri pemakaman Castro.

Kuba juga mencela sanksi internasional yang diberikan ke Korut atas program senjata nuklirnya.

Pada 2013, Panama menangkap sebuah kapal Korut yang membawa kiriman senjata Kuba era Soviet dan jet tempur yang disembunyikan di bawah karung gula. Korut bersikeras senjata tersebut dikirim untuk diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com