Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Tabu, 70 Persen Rumah Tangga di India Tak Punya Toilet

Kompas.com - 19/11/2017, 12:53 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Toilet menjadi isu sensitif dan tabu di India, di mana sekitar 600 juta atau hampir setengah dari populasi penduduk, masih buang air besar di tempat terbuka.

Dilansir dari AFP, Minggu (19/11/2017), sebanyak 70 persen rumah tangga di India tidak memiliki toilet, sementara 90 persennya memiliki akses ke ponsel.

Beberapa ahli mengatakan, akses terhadap sanitasi yang masih rendah merupakan dampak dari kemiskinan dan kepercayaan masyarakat setempat yang meyakini toilet di dalam rumah itu tidak bersih.

Hal tersebut membuat sebagian besar penduduk India memilih untuk melakukannya di luar rumah.

Berdasarkan fakta tersebut, Museum Toilet Sulabh International di India menginisiasi program kampanye penggunaan toilet.

Baca juga : Jangan Biasakan Bawa Gadget ke Toilet

Selain memamerkan singgasana dari kayu milik Raja Louis XIV yang digunakannya saat mengalami sembelit, juga terdapat sebuah mesin abad ke-21 jyang dapat mengubah kotoran manusia menjadi abu dalam hitungan detik.

Pendiri museum toilet ini, Bindeshwar Pathak mengatakan, ide dari program ini adalah untuk memulai kampanye sanitasi dan toilet sehingga bukan lagi menjadi tabu.

"Kami ingin memberi tahu orang bahwa toilet bukan kata yang kotor," katanya.

Museum toilet itu menjadi salah satu dari 10 museum paling aneh versi majalah Times pada 2014.

Tiga tahun lalu, Perdana Menteri India Narendra Modi meluncurkan gerakan masif untuk membangun toilet hingga 2019. Sejauh ini, pemerintah telah memasang 50 juta toilet di negara dengan total penduduk 1,3 miliar orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com