Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi China Amankan 14.000 Botol "Wine" Palsu Senilai Rp 20 Miliar

Kompas.com - 17/11/2017, 10:46 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


SHANGHAI, KOMPAS.com - Kepolisian China di Shanghai mengamankan lebih dari 14.000 botol wine premium British Penfolds yang diketahui palsu.

Dilansir dari Strait Times, Jumat (17/11/2017), wine asal Australia itu nilainya mencapai 10 juta yuan atau Rp 20 miliar.

Produk palsu tersebut dijual seharga 200 yuan atau Rp 407.000 per botol di situs online seperti Alibaba, Taobao, dan juga dijual di pub dan bar karaoke.

Wine jenis premium itu biasanya dijual seharga 600 yuan hingga 3.000 yuan atau Rp 1,2 juta sampai Rp 6,1 juta per botol.

Baca juga : Terjual Rp 4,7 Miliar, Inikah Sebotol Wine Termahal di Dunia?

Perusahaan wine raksasa Australia, Treasury Wine Estates, pernah mengajukan keluhan ke Alibaba terkait penjualan wine premium Penfolds dan Grange yang palsu.

Kemudian, perusahaan itu melapor ke kepolisian China pada Agustus lalu.

Selama tiga bulan, pihak berwenang melakukan penyelidikan. Sebanyak 13 tersangka telah ditaha, termasuk pria bermarga Dai.

Dia diduga meraih penjualan senilai 1,2 juta yuan atau Rp 2,4 miliar dalam waktu tiga bulan, dengan menjual wine palsu di toko online Taobao.

Polisi menemukan wine yang dijual via online itu memiliki kualitas yang lebih rendah dari produk aslinya, mulai dari cetakan kemasan hingga kualitas botol dan bahan utama wine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com