Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suara Tembakan Terdengar dari Kediaman Presiden Mugabe

Kompas.com - 15/11/2017, 09:59 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

HARARE, KOMPAS.com — Suara tembakan dilaporkan terdengar dari dekat kediaman Presiden Robert Mugabe di Harare, Rabu (15/11/2017).

"Dari arah kediaman Presiden kami mendengar ada 30-40 kali suara tembakan," kata seorang warga yang tinggal di sekitar rumah pribadi Mugabe di pinggiran kota Borrowdale kepada AFP.

Pejabat militer Zimbabwe melalui televisi negara mengatakan, Presiden Mugabe dalam keadaan selamat dan menegaskan negara tidak sedang mengalami kudeta.

Baca juga: Kudeta Militer Gulingkan Mugabe Sedang Berlangsung?

"Ini bukan militer yang mengambil alih pemerintahan," kata salah seorang jenderal militer sambil membaca pernyataan.

"Kami ingin meyakinkan negara bahwa Presiden dan keluarganya dalam keadaan selamat dan keamanan mereka terjamin."

"Kami hanya mengincar kriminal yang ada di sekitar Presiden. Segera setelah misi tercapai, kami harap situasi akan kembali normal," lanjut pernyataan militer.

Sebelumnya, dikabarkan militer Zimbabwe telah mengambil alih kantor stasiun televisi pemerintah, ZBC. Tentara memaksa masuk dan memerintahkan para staf meninggalkan gedung.

Situasi di ibu kota Zimbabwe, Harare, semakin memanas, Rabu (15/11/2017), setelah sehari sebelumnya sejumlah kendaraan berat militer terlihat bergerak menuju ibu kota.

Panglima Angkatan Militer Zimbabwe Jenderal Constantino Chiwenga mengatakan pada Selasa (14/11/2017) mendesak Presiden Mugabe menghentikan pembersihan di internal kabinet dan partai yang dipimpinnya, Zanu-PF.

Baca juga: Militer Zimbabwe Desak Mugabe Hentikan Aksi Pembersihan Partai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com