Korban Gempa 7,3 Skala Richter di Perbatasan Iran dengan Irak Capai 217 Orang - Kompas.com

Korban Gempa 7,3 Skala Richter di Perbatasan Iran dengan Irak Capai 217 Orang

Ardi Priyatno Utomo
Kompas.com - 13/11/2017, 15:03 WIB
Warga tengah mengungsi di ruang terbuka di Sarpol-e Zahab Senin (13/11/2017). Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter itu menewaskan 207 orang dan melukai 1.700 warga yang lain.POURIA PAKIZEH/ISNA/AFP Warga tengah mengungsi di ruang terbuka di Sarpol-e Zahab Senin (13/11/2017). Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter itu menewaskan 207 orang dan melukai 1.700 warga yang lain.

TEHERAN, KOMPAS.com - Korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter yang melanda kawasan pegunungan di perbatasan Iran dengan Irak sudah menembus angka ratusan.

Senin (13/11/2017), deputi kepala sebuah unit tanggap darurat yang dibentuk Iran Behnam Saidi berkata, jumlah korban tewas mencapai 217 orang.

"Sementara korban luka berada di angka 1.700," kata Said kepada televisi lokal seperti dikutip AFP.

Jumlah korban yang disebutkan berasal dari Provinsi Kermanshah. Wakil Gubernur Kermanshah, Mojtaba Nikkerdar menuturkan, pemerintah provinsi sudah mendirikan tiga tenda darurat untuk merawat korban luka.

Sementara enam orang lainnya tewas di utara Provinsi Sulaimaniyah yang berbatasan dengan Irak, dan melukai sekitar 150 warga.

Baca juga : Gempa 7,3 SR Guncang Perbatasan Iran dengan Irak, Puluhan Tewas

AFP memberitakan, sejumlah foto di Twitter memperlihatkan orang-orang dengan panik berlarian di Sulaimaniyah dimana gedung maupun infrastruktur lainnya mulai kolaps.

Adapun empat orang dilaporkan tewas di Kota Darbandikhan serta melukai sekitar 105 yang lainnya.

AFP/KOMPAS.com Gempa Irak-Iran
Jumlah korban ini belum final mengingat tim penyelamat berusaha untuk masuk ke desa yang terdampak langsung gempa.

Ketua tim penyelamat, Pir Hossein Koolivand menyatakan, timnya tidak bisa masuk karena akses jalan terblokir oleh tanah longsor.

Sebelumnya, gempa terjadi sekitar pukul 21.18 waktu setempat pada kedalaman sekitar 25 kilometer saat orang-orang sedang berada di rumah.

Getaran gempa dirasakan hingga 20 detik di Baghdad, bahkan lebih lama di sejumlah wilayah di Irak.

Getaran akibat gempa juga dilaporkan dirasakan hingga Pakistan, Lebanon, Kuwait dan Turki, seperti dilaporkan kantor berita masing-masing negara.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (AS) menyatakan, pusat gempa berada 30 kilometer sebelah barat daya Halabja, kota yang masuk wilayah Pemerintahan Regional Irak Kurdi.

Baca juga : Belum Ada Laporan WNI Jadi Korban, Kemenlu Pantau Perkembangan Gempa Iran

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisArdi Priyatno Utomo
EditorArdi Priyatno Utomo
SumberAFP
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM