Tertidur di Saat Memimpin Sidang, Seorang Hakim di China Dipecat - Kompas.com

Tertidur di Saat Memimpin Sidang, Seorang Hakim di China Dipecat

Ervan Hardoko
Kompas.com - 12/11/2017, 16:05 WIB
Hakim tidur.Thinkstock Hakim tidur.

BEIJING, KOMPAS.com - Tidur adalah kebutuhan alami manusia tetapi jika tertidur saat tengah menjalankan tugas bisa berabe bahkan bisa kehilangan pekerjaan.

Dalam sebuah video yang diunggah ke media sosial pekan lalu, Wei Kaiyang, wakil hakim kepala di sebuah pengadilan di Dongan, provinsi Hunan, terlihat tertidur di kursinya di saat kekacauan terjadi di ruang sidang

Perekam video mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Agustus lalu. Ketika itu Wei yang masih mengenakan pakaian biasa dan bukan pakaian resmi persidangan, tertidur begitu membuka sidang.

Akibat sang hakim tertidur, sidang tak bisa dilanjutkan dan harus ditunda.

Baca juga : Ternyata Paus Juga Pernah Tertidur Saat Berdoa

Video ini langsung mendapatkan respon dari Pengadilan Rakyat Dongan. Lewat akun Weibo-nya, pengadilan menerangkan tengah menggelar investigasi terkait masalah itu.

Sehari setelahnya, sebuah peryataan baru muncul yang mengatakan proses pemecatan hakim Wei tengah bergulir dan investigasi masih terus berlangsung.

Menurut pernyataan Pengadilan Tinggi Youngzhou, Sabtu (11/11/2017), yang membawahi pengadilan Dongan, hasil investigasi mengungkap sebelum sidang pada 22 Agustus itu, hakim Wei minum anggur bersama tiga temannya saat makan siang.

Akibatnya, hakim Wei mabuk berat dan tak bisa melanjutkan sidang pada siang harinya.

"Wei melanggar disiplin kerja, merusak citra hakim, dan mengakibatkan kerusakan sosial," demikian pengadilan tinggi.

Pengadilan wilayah memberikan penilaian amat buruk untuk Wei dan meminta izin parlemen setempat utuk memberhentikan hakim Wei.

Baca juga : Mugabe Tertidur, Usai Sebut Zimbabwe Bukan Negara Gagal

PenulisErvan Hardoko
EditorErvan Hardoko
SumberSCMP
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM