Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zimbabwe Ubah Nama Bandaranya Menjadi Mugabe

Kompas.com - 10/11/2017, 05:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

HARARE, KOMPAS.com - Pemerintah Zimbabwe mengganti nama bandara mereka yang semula bernama Bandara Harare menjadi Bandara Robert Mugabe.

Penamaan kembali bandara yang terletak 15 kilometer dari pusat ibu kota Harare tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada sang presiden, Robert Mugabe.

Seremoni penggantian nama bandara itu digelar Kamis (9/11/2017) dan dihadiri Presiden Mugabe yang juga membuka plakat nama baru bandara.

Baca juga: Sebut Mugabe Pria Penyakitan, Perempuan AS Ditahan di Zimbabwe

Bandara yang sebelumnya juga telah mendapat pemugaran itu sempat ditentang kelompok oposisi pemerintah karena dianggap sebagai pemborosan.

Dilansir dari AFP, Mugabe telah menjadi presiden Zimbabwe sejak kemerdekaannya dari Inggris pada 1980.

Selama memerintah, Mugabe kerap disebut sebagai pemimpin yang keras terhadap perbedaan pendapat, melakukan kecurangan dalam pemilihan, serta korupsi.

Kelompok oposisi menuduh presiden terlalu banyak mengeluarkan uang untuk proyek-proyek, sementara tingkat pengangguran diperkirakan lebih dari 90 persen.

Mugabe yang kondisi kesehatannya semakin menurun juga berencana untuk kembali mengikuti pemilihan yang akan digelar tahun depan.

Baca juga: Mugabe Ingin Hukuman Mati Kembali Diberlakukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com