Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Gabung ISIS, Ibu Rumah Tangga Ditahan Polisi Singapura

Kompas.com - 09/11/2017, 20:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SINGAPURA, KOMPAS.com - Seorang ibu rumah tangga di Singapura ditahan kepolisian setempat setelah diketahui ingin bergabung dengan kelompok ISIS di Timur Tengah.

Dia ditahan tanpa menjalani peradilan berdasarkan undang-undang keamanan negara yang tegas. Demikian dilaporkan pihak berwenang pada Kamis (9/11/2017).

Ibu rumah tangga yang ditahan itu diketahui bernama Munavar Baig Amina Begam (38) kelahiran India namun telah menjadi warga negara Singapura.

Baca juga: Pemerintah Singapura Melarang Penggunaan Rokok Elektronik

Menurut Kementerian Dalam Negeri Singapura, Amina teradikalisasi secara online oleh salah seorang kenalannya yang meyakinkan dirinya bahwa ISIS bertempur untuk membela muslim Sunni di wilayah konflik.

"Dia sudah teradikalisasi hingga mengaku siap mengikuti pelatihan militer bahkan mengangkat senjata jika diminta oleh ISIS," kata kementerian.

Amina juga diketahui telah menyebarkan propaganda ISIS di media sosial dan terancam penahanan hingga dua tahun tanpa pengadilan berdasar undang-undag keamanan internal Singapura.

Polisi Singapura juga menahan Abu Thalha bin Samad, seorang guru atas tuduhan akan bergabung dengan kelompok milita Asia Tenggara Jamaah Islamiyah (JI).

Pria berusia 25 tahun itu diketahui mengajar di sebuah sekolah terkait JI. Demikian dikutip dari AFP.

Baca juga: Orang Singapura Lebih Menyukai Warga Negara Baru dari Empat Etnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com