Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora RI Bakal Gelar "Olimpiade Kecil" untuk Mahasiswa di Mesir

Kompas.com - 08/11/2017, 14:13 WIB
Musthafa Abd Rahman dari Kairo, Mesir

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, berjanji akan menggelar "olimpiade kecil" memperebutkan piala Menpora bagi mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di Universitas Al Azhar di Kairo.

Janji tersebut disampaikan Menpora RI saat mengunjungi asrama Indonesia di Kairo hari Selasa (7/11/2017), seusai menghadiri kegiatan World Youth Forum di kota wisata Sharm El-Sheikh - Mesir pada hari Minggu lalu.

Asrama Indonesia di Mesir yang terdiri dari 4 gedung asrama dan satu dapur umum mulai bulan September lalu dihuni oleh mahasiswa asal Indonesia yang belajar di Universitas Al Azhar.

Kompleks asrama Indonesia itu dicanangkan menampung 900 mahasiswa Indonesia dan 300 mahasiswa Mesir pada tahun akademik 2017/2018 ini.

Kompleks asrama Indonesia di Mesir yang proses pembangunannya selesai pada akhir tahun 2015 itu, dibangun atas biaya dari dana pemerintah Indonesia.

Imam Nahrawi disambut dengan antusias oleh ratusan mahasiswa Indonesia yang memadati halaman gedung asrama mahasiswa Indonesia tempat berlangsungnya acara.

Hadir dalam acara tersebut sekitar 900 mahasiswa baru serta perwakilan organisasi mahasiswa Indonesia di Mesir antara lain Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) dan Persatuan Mahasiswi Indonesia di Mesir (WIHDAH).

Nahrawi berkesempatan meninjau berbagai fasilitas dalam asrama. Atas dukungan KBRI Kairo, saat ini asrama telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas olahraga yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Indonesia yang tinggal di asrama.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, bersama para mahasiswa saat mengunjungi asrama Indonesia di Kairo hari Selasa (7/11/2017).KOMPAS/Musthafa Abd Rahman Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, bersama para mahasiswa saat mengunjungi asrama Indonesia di Kairo hari Selasa (7/11/2017).
Imam Nahrawi sempat mencoba bermain tenis meja dan biliard bersama Duta Besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzy, dan beberapa mahasiswa.

Imam Nahrawi sangat senang dengan adanya fasilitas olahraga tersebut dan berjanji untuk mengadakan “olimpiade kecil” memperebutkan Piala Menpora bagi mahasiswa Indonesia di Mesir.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan kekagumannya terhadap peran Al Azhar bagi dunia Islam termasuk Islam di Indonesia.

“Meskipun tidak belajar langsung di Al Azhar tapi saya menganggap diri saya sebagai murid Al Azhar karena guru-guru saya sebagian besar adalah alumni Al Azhar termasuk mantan Presiden RI Gus Dur dan sejumlah tokoh ulama seperti Gus Mus,” ujar Imam Nahrawi.

Kepada para mahasiswa yang hadir, Imam Nahrawi berpesan untuk memanfaatkan kesempatan belajar di Al Azhar dengan baik agar dapat menerapkan ilmu yang diperoleh bagi pembangunan bangsa.

Adapun Dubes RI untuk Mesir, Helmy Fauzy, menyampaikan apresiasi dari Pemerintah Indonesia atas perhatian dan dukungan yang sangat besar dari Al Azhar terhadap mahasiswa asal Indonesia termasuk dalam pengelolaan asrama mahasiswa Indonesia.

Grand Syeikh Al Azhar, Ahmed Muhammad Ahmed El Tayeb, yang saat kegiatan berlangsung sedang berada di luar kota Kairo mengutus penasihatnya, Duta Besar Abdurrahman Musa untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Universitas Al Azhar, Prof Dr Yusuf Amer dan Wakil Ketua Ikatan Alumni Al Azhar Internasional, Mayor Jenderal Usamah Yasin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com