Penembakan Gereja di Texas, Insiden Ke-307 di AS Sepanjang Tahun Ini - Kompas.com

Penembakan Gereja di Texas, Insiden Ke-307 di AS Sepanjang Tahun Ini

Ervan Hardoko
Kompas.com - 08/11/2017, 09:39 WIB
Polisi berjaga di sekitar Gereja First Baptist Minggu pagi. Pria bernama Davin Patrick Kelley, yang merupakan mantan tentara AU, masuk dan menembaki jemaat yang tengah menggelar ibadah pagi. Akibatnya, 26 orang tewas, dan 20 lainnya terluka (5/11/2017).Suzanne Cordeiro/AFP Polisi berjaga di sekitar Gereja First Baptist Minggu pagi. Pria bernama Davin Patrick Kelley, yang merupakan mantan tentara AU, masuk dan menembaki jemaat yang tengah menggelar ibadah pagi. Akibatnya, 26 orang tewas, dan 20 lainnya terluka (5/11/2017).

HOUSTON, KOMPAS.com — Insiden penembakan di Gereja Baptis Pertama di Sutherland Springs, Texas, Minggu (5/11/2017), merupakan insiden penembakan ke-307 di AS sepanjang 2017.

Untuk memberi gambaran betapa tingginya angka statistik ini, dunia sedang memasuki hari ke-311 tahun ini.

Artinya, hampir setiap hari di AS terjadi insiden penembakan yang mengakibatkan korban jiwa dan luka lebih dari empat orang.

Data ini diperoleh dari lembaga nirlaba Gun Violence Archive yang mencatat setiap kasus penembakan di Amerika Serikat.

Baca juga: Pelaku Penembakan Gereja Texas Punya Dendam dengan Ibu Mertua

Lembaga ini juga mencatat lebih dari 13.000 orang tewas akibat kekerasan senjata api di AS dan 26.900 orang lainnya terluka.

Sebenarnya tidak ada definisi pasti terkait apa yang disebut dengan penembakan massal.

Gun Violence Archive mendefinisikan sebagai satu insiden penembakan yang mengakibatkan setidaknya empat orang, tak termasuk pelaku, tewas atau terluka dalam satu waktu dan lokasi.

Pemerintah AS juga tidak memiliki definisi resmi. Pada 2013, laporan dari Badan Riset Kongres memiliki definisi penembakan massal.

Menurut Kongres, penembakan massal adalah insiden di mana pelaku memilih korban secara acak dan menewaskan empat orang atau lebih.

Daftar lengkap insiden penembakan massal versi Gun Violence Archive sepanjang 2017 bisa Anda lihat di sini.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisErvan Hardoko
EditorErvan Hardoko
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM