Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Osama bin Laden Ternyata Hobi Nonton Film Kartun Disney

Kompas.com - 02/11/2017, 18:49 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Mirror

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Meski pernah menyandang gelar sebagai buronan Amerika Serikat nomor satu, mendiang pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden ternyata memiliki hobi yang sederhana.

Selama bersembunyi di Pakistan, Osama bin Laden gemar menyaksikan dokumenter BBC khususnya soal kehidupan hewan dan film kartun Disney, "Cars" dan "Antz".

Film-film itu termasuk dalam koleksi film milik Osama yang disita pasukan Navy Seal yang menyerbu kediamanmnya di Abottabad, Pakistan pada 2011.

Hobi menonton Osama yang diyakini AS menjadi dalang serangan 11 September, dirilis bersama 470.000 dokumen hasil penggerebekan pada Mei 2011 itu.

Baca juga : Osama Bin Laden Simpan Kartun Tom & Jerry di Komputernya

Selain film anak-anak semacam "Ice Age", pasukan Navy Seal juga menyita banyak koleksi film dokumenter serta film-film populer semacam "The Three Musketeers", "Resident Evil", dan "Final Fantasy VII".

Selain koleksi filmnya, pasukan AS juga menyita rekaman video rumahan yang memberikan sedikit gambaran soal kehidupan sehari-hari Osama bin Laden.

Di dalam video itu antara lain rekaman soal seekor anak sapi yang sedang menyusu ke induknya serta puluhan ayam yang berkeliaran di halaman kediaman Osama.

Dalam video lain terlihat beberapa anak kecil bermain ayunan dan perosotan di halaman. Sementara yang lain bermain di dalam rumah dan seorang anak laki-laki sedang belajar membaca.

CIA juga merilis jurnal pribadi Osama bin Laden, termasuk catatan yang dibuat sehari sebelum kematiannya.

Jurnal pribadi Osama ini ada di antara 18.000 dokumen tertulis serta 79.000 dokumen audio dan foto.

Baca juga : Hari Ini dalam Sejarah: Navy Seals Tewaskan Osama bin Laden

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com