Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arak Gadis 14 Tahun Telanjang, Delapan Pria Ditahan

Kompas.com - 02/11/2017, 18:13 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Kepolisian Pakistan menahan delapan pria karena telah mengarak seorang gadis 14 tahun dalam keadaan telanjang mengelilingi desa.

Perbuatan itu disebut dilakukan sebagai balasan atas perbuatan saudara laki-laki gadis tersebut yang dianggap telah menodai kehormatan keluarga mereka.

Menurut kepolisian kota Dera Ismail Khan, tempat kejadian berlangsung, saudara laki-laki gadis itu dituduh telah berselingkuh.

Berdasar peraturan tetua desa, pihak keluarga perempuan yang dirugikan akibat perselingkuhan itu bisa membalas dengan mempermalukan saudara perempuan pihak laki-laki.

Baca juga: Perintahkan Pemerkosaan Seorang Gadis, 14 Tetua Desa Ditangkap

Dikutip dari The Guardian, insiden itu terjadi pada 27 Oktober lalu, saat delapan pria secara tiba-tiba mendekati gadis belasan tahun itu, menelanjangi dan kemudian mengaraknya keliling desa.

Di Pakistan, masih menganut adanya tetua desa, yang disebut panchayat atau jirga. Mereka berhak memutuskan suatu perkara tanpa melalui hukum negara.

Keberadaan tetua desa sebenarnya ilegal, namun masih tersebar luas di wilayah terpencil yang jauh dari jangkauan hukum.

Dan beberapa tetua desa diketahui mengizinkan menjadikan perempuan sebagai alat untuk menyelesaikan perselisihan keluarga.

Hal itu pula yang menyebabkan ratusan kematian perempuan karena apa yang disebut dengan "pembunuhan demi kehormatan".

"Sangat disayangkan, meski telah ada undang-undang perlindungan perempuan, namun di wilayah terpencil perempuan masih dianggap sebagai benda yang bisa ditukar," kata Samar Minullah, seorang aktivis hak asasi manusia.

"Saya bersyukur polisi mengambil tindakan atas perbuatan itu. Namun bagaimana nasib gadis itu? Dia akan terus hidup dalam stigma negatif sepanjang hidupnya," tambah Samar.

Tiga bulan sebelumnya, tetua desa di Multan, provinsi Punjab, juga memutuskan seorang gadis 17 tahun boleh diperkosa sebagai hukuman atas kejahatan seksual yang diduga dilakukan oleh kakak laki-lakinya.

Baca juga: Perempuan India Diperkosa 13 Pria atas Perintah Tetua Desa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com