Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gardu Listrik Meledak, 13 Tamu Pesta Pernikahan Tewas

Kompas.com - 01/11/2017, 18:53 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com — Sedikitnya 13 orang tewas, termasuk seorang perempuan hamil, saat sebuah gardu listrik di luar sebuah pesta pernikahan di wilayah barat India meledak pada Rabu (1/11/2017).

Puluhan tamu memadati sebuah pesta pernikahan di rumah seorang warga di kota Jaipur, Rajashtan, India, saat sebuah gardu listrik meledak menyebarkan minyak panas dan serpihan logam.

"Empat orang tewas di lokasi kejadian. Kami masih menyelidiki penyebab ledakan," ujar perwira polisi setempat, Rameshwar Singh, kepada AFP.

Singh menambahkan, beberapa orang lainnya dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka bakar. Ledakan gardu ini memicu unjuk rasa ke perusahaan listrik setempat.

Baca juga : Gardu Listrik Meledak di Bali

Penduduk setempat mengatakan, mereka sudah lama mengeluhkan buruknya perawatan gardu-gardu listrik. Namun, keluhan mereka tak didengar pengelola perusahaan listrik.

Warga juga mengatakan, sekering yang berfungsi untuk memutus aliran listrik tak berfungsi saat ledakan terjadi.
 
Sistem jaringan listrik India memang sangat rentan akibat buruknya pemeliharaan dan kekurangan dana terutama di kawasan pedesaan.

Pada 2015, hampir 10.000  warga India tewas akibat berbagai hal yang terkait dengan perlistrikan. Demikian data terbaru dari Biro Pencatatan Kriminal Nasional (NCRB).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com