Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Paus Juga Pernah Tertidur Saat Berdoa

Kompas.com - 01/11/2017, 16:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

VATIKAN, KOMPAS.com — Paus Fransiskus mengaku jika dirinya sesekali tertidur saat tengah memanjatkan doa.

Paus berkebangsaan Argentina itu mengatakan, hal itu sangat wajar. Bahkan dia menyebut para santo dan orang-orang kudus juga mengalaminya.

"Ketika sedang berdoa, terkadang saya sampai tertidur," ujar Paus dalam sebuah episode terbaru program acara televisi berjudul Catholic TV2000 yang baru saja diunggah di Youtube, Selasa (31/10/2017).

"Santa Theresa kadang melakukannya juga," tambah Paus dengan menyebut biarawati Perancis di abad ke-19 itu sebagai contoh.

Baca juga: Doa Paus Fransiskus bagi Warga Rohingya

Pemimpin Gereja Katholik Roma berusia 80 tahun ini memang selalu tampak bersemangat dan antusias saat bertemu dengan orang-orang.

Namun, pada saat memanjatkan doa dan beribadah, ekspresinya akan berubah sangat serius dengan membungkukkan kepala dan menutup mata dalam waktu yang lama.

Paus mengatakan sangat menjaga waktu tidurnya, yakni dengan sudah berada di tempat tidurnya pada pukul 21.00 setiap harinya, dan sudah akan terjaga pukul 04.00.

"Menjalani agenda kegiatan yang cepat mungkin dilakukan Paus karena dia dapat menyempatkan tidur sejenak setelah waktu makan siang," demikian sumber dari Vatikan seperti diberitakan The Guardian.

Baca juga: Paus Fransiskus Buka Laundry Gratis untuk Tunawisma di Roma

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com