Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Uang Rp 910 Miliar, Jika Bangkai MH370 Ditemukan dalam 90 Hari

Kompas.com - 31/10/2017, 06:26 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan eksplorasi laut Ocean Infinity, asal Amerika Serikat akan dibayar antara 20 juta-70 juta dollar AS, jika mampu menemukan bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370.

Dana yang setara dengan Rp 260-910 miliar itu akan dibayarkan jika pesawat tersebut bisa ditemukan dalam waktu 90 hari, sejak awal pencarian dilakukan.

Pemerintah Malaysia sebelumnya telah menerima tawaran dari Ocean Infinity untuk melakukan pencarian di area seluas 25.000 kilometer persegi.

Baca juga : No Cure No Fee, Malaysia Pilih Perusahaan AS Cari Pesawat MH370

Ocean Infinity menawarkan untuk mencari bangkai pesawat MH370 dengan basis "no-cure, no-fee", atau mereka tak akan dibayar jika tak ada temuan.

Wakil Menteri Perhubungan Datuk Ab Aziz Kaprawi mengatakan, Kabinet Malaysia telah sepakat untuk menyiapkan alokasi dana khusus kepada Kemenhub, jika MH370 ditemukan.

Selanjutnya, Menteri Transportasi Australia Darren Chester, mengatakan, Australia, -atas permintaan Malaysia, akan memberikan bantuan teknis bagi Malaysia dan Ocean Infinity.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ABC, Australia tidak akan memberi kontribusi pembayaran apa pun kepada Ocean Infinity.

Ocean Infinity akan fokus untuk melakukan pencarian dasar laut di daerah yang sebelumnya telah diidentifikasi oleh para ahli sebagai lokasi hilangnya MH370, -tepat di sebelah utara area pencarian awal.

Baca juga : Analisis Baru Ungkap Perkiraan Lokasi Pesawat MH370

MH370 lenyap dari layar radar pada 8 Maret 2014, dengan 227 penumpang dan 12 awak pesawat.

Analisa data satelit menunjukkan, pesawat itu telah terbang selama enam jam, sebelum hilang kontak dan tak ditemukan hingga hari ini. 

Pencarian sonar dasar laut dihentikan pada bulan Januari tahun ini setelah gagal menemukan puing-puing pesawat terbang itu.

Baca juga : Seseorang Sengaja Menghilangkan Malaysia Airlines MH 370

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com