Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garpu Ini Bisa Atasi Suara Berisik Saat Menyeruput Mie

Kompas.com - 25/10/2017, 15:12 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah perusahaan Jepang, Nissin, berhasil membuat garpu yang dapat mencegah suara tak diinginkan yang muncul saat menyeruput mie.

Suara kebisingan saat makan mie itu riuh di media sosial dan disebut sebagai "gangguan makan mie".

Pembuatan garpu itu terinspirasi dari perusahaan toilet di Jepang yang berhasil membuat kloset dengan suara buatan sehingga menghilangkan bunyi berisik saat menyiram.

Hasilnya, sebuah garpu dengan lebar 4,4 cm dan panjang 15,2 cm dibuat dengan menggunakan mikrofon sensitif untuk mendeteksi suara menyeruput saat makan mie.

"Kami mengembangkan sistem di mana suara seruput paling halus pun dapat terdeteksi," kata perusahaan itu, seperti dilansir dari AFP, Rabu (25/20/2017).

Baca juga : Garpu Pintar Bikin Makanan Hambar Jadi Lezat

Ketika peringatan seruput terdeteksi, garpu itu akan mengirimkan sinyal ke ponsel yang kemudian mengeluarkan suara menenangkan seperti suara aliran air untuk menutupi suara berisik.

Nissin akan menjual garpu itu apabila mendapatkan permintaan sebanyak 5.000 buah yang bisa dipesan mulai pertengahan Desember 2017. Garpu itu dijual senilai 14.800 yen atau Rp 1,7 juta per buah.

Turis asing yang berkunjung ke Jepang, lalu makan di kedai mie biasanya dikejutkan dengan suara warga lokal, yang bersemangat saat menyeruput mie.

Dalam tradisi Jepang, pelanggan biasanya menunjukkan apresiasi terhadap pemilik kedai atas makanan buatannya melalui suara saat menyeruput makanan tersebut.

Namun, beberapa orang justru merasa terganggu dengan suara berisik itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com