Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mark Zuckerberg Menikmati Kekayaannya

Kompas.com - 25/10/2017, 12:38 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg (33) menurut Indeks Miliuner Bloomberg merupakan orang kelima terkaya di dunia.

Kekayaan Zuckerberg saat ini tercatat mencapai 74 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 1.000 triliun dan masih terus bertambah.

Terkadang terbersit dalam pikiran bagaimana Zuckerberg menggunakan semua kekayaannya itu, padahal nampaknya dia tak punya selera berlebihan dalam hal mobil, pakaian, atau bepergian.

Sebagai anggota dari organisasi Giving Pledge dan pendiri Chan Zuckerberg Initiative, yang dimulainya bersama sang istri, Priscilla Chan, pria yang dropout dari Harvard ini lebih banyak menghabiskan uangnya untuk urusan amal.

Baca juga : Zuckerberg Akui Facebook Terinspirasi oleh Aplikasi Chatting Jadul

Mark Zuckerberg: Nike Flyknit Lunar 3 in Wolf GreyBusiness Insider Mark Zuckerberg: Nike Flyknit Lunar 3 in Wolf Grey
Pada Mei 2012, atau delapan tahun setelah berdiri, Facebook memulai debutnya di lantai bursa New York dan langsung mencatat IPO terbesar perusahaan teknologi dalam sejarah.

Lalu setahun setelah "melantai" di bursa saham, kekayaan yang diterima Zuckerberg bertambah menjadi 9 miliar dolar atau Rp 122 triliun setahun.

Meski tercatat sebagai salah satu orang terkaya, Zuckerberg tetap mempertahankan gaya hidup sederhana bersama istri dan kedua putri mereka.

Salah satu ciri khas penampilan sederhana Zuckerberg adalah T-shirt abu-abu yang nyaris selalu dikenakan ke mana-mana.

Mark Zuckerberg saat blusukan ke Ohio, makan malam dengan sebuah keluarga di kota Newton Falls.Facebook.com/Zuck Mark Zuckerberg saat blusukan ke Ohio, makan malam dengan sebuah keluarga di kota Newton Falls.
Meski terlihat sederhana kaos itu dirancang oleh perusahaan ternama dengan harga mencapai ratusan bahkan ribuan dolar.

Satu lagi hal yang terlihat sederhana adalah mobil yang digunakan Zuckerberg yaitu Honda Acura TSX, sebuah hatchback Volkswagen, dan sebuah Honda Fit yang ketiganya bernilai kurang dari 30.000 dolar AS atau sekitar Rp 400 juta.

Namun, satu hal yang nampaknya tak ragu dilakukan Zuckerberg adalah dalam hal membeli rumah.

Baca juga : Facebook Dianggap Memecah Kerukunan, Mark Zuckerberg Minta Maaf

Pada Mei 2011 dia membeli sebuah rumah di Palo Alto seluas hampir 500 meter persegi seharga 7 juta dolar AS. Setahun kemudian dia mulai membeli properti yang mengitari kediamannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com