Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xi Jadi Pemimpin Paling Berkuasa, Sejajar dengan Mao Zedong

Kompas.com - 25/10/2017, 08:20 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Partai yang paling berkuasa di China, Partai Komunis, telah mengamandemen konstitusi dengan menambah nama Presiden China Xi Jinping beserta ideologinya.

Hal ini sama seperti yang dilakukan pendiri negara komunis China, sekaligus Presiden Pertama China, Mao Zedong.

Konsep Xi mengenai "sosialisme dengan karakteristik China untuk era baru" ditambahkan ke dalam konstitusi partai pada penutupan kongres yang dilaksanakan dua kali dalam satu dekade.

Dengan amandemen konstitusi itu, Xi menjadi orang paling berkuasaa, pemimpin besar paling hebat di China setelah sebelumnya hanya dipegang Mao.

"Rakyat China dan negara memiliki masa depan yang hebat dan cerah," kata Xi kepada delegasi partai saat penutupan kongres, seperti dikutip dari The Independet, Selasa (24/11/2017).

Baca: Presiden Xi Inginkan Kemajuan yang Stabil dengan AS

"Pada waktu ini, kita merasa makin percaya diri dan bangga. Pada saat yang sama, kita juga memiliki tanggungjawab yang besar," lanjutnya.

Konsep Xi dipandang sebagai sebuah terobosan dari tahapan reformasi ekonomi yang mengantar Deng Xiaoping pada akhir 1970-an.

Deng Xiaoping merupakan pemimpin revolusi Partai Komunis yang kemudian menjadi pemimpin tertinggi China. Dia adalah pemimpin generasi kedua setelah Mao Zedong.

Di bawah arahannya, reformasi terjadi dalam berbagai aspek di China mulai dari politik, ekonomi, dan kehidupan sosial. Deng Xiaoping juga memasukkan elemen-elemen sistem perdagangan bebas ke dalam ekonomi China.

Baca: Xi Minta Trump dan Korut Menjaga Kata-kata dan Tindakan

Sementara itu, atas pengaruh Xi yang kuat, nama Xi lantas melekat pada teorinya, yang membuatnya setara dengan Mao Zedong.

Xi menjelaskan konsepnya sebagai pusat bagi China mengamankan "kesuksesan yang efektif dalam membangun masyarakat yang makmur dalam berbagai aspek".

Dia juga memasang pencapaian target pada 2021, atau saat peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis.

Sementara, perwujudan masyarakat China yang makmur dan modern, diharapkan dapat tercapai pada 2049 atau tepat 100 tahun pendirian Republik Rakyat China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com