Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Dunia, Kereta Tanpa Rel dan Awak Segera Beroperasi di China

Kompas.com - 24/10/2017, 16:15 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


CHANGSHA, KOMPAS.com - China patut berbangga soal kemajuan transportasi publiknya. Pada Senin (23/10/2017), Autonomous Rail Rapid Transit menjalani uji coba di kota Zhuzhou, di pusat Provinsi Hunan, China.

Autonomous Rail Rapid Transit diklaim sebagai transportasi publik kereta tanpa rel pertama di dunia, yang tidak membutuhkan manusia sebagai pengemudi.

Dilansir dari kantor berita Xinhua, alat transportasi bertenaga listrik itu memiliki panjang 32 meter dengan kecepatan maksimum 70 kilometer per jam.

Kendaraan tersebut dapat memuat hingga 300 orang penumpang. Dengan dilengkapi sensor, kereta itu dapat membaca dimensi setiap jalanan.

Baca juga : 5 Negara Penyedia Kereta Khusus Wanita

Sistem kinerja dan kendaraan itu dikembangkan badan penelitan lokomotif Zhuzhou (CRRC), yang juga memproduksi bagian penting dari kereta cepat di China.

Kepala insiyur CRRC wilayah Zhuzhou, Feng Jianghua, mengatakan kendaraan besar itu sukses melakukan perjalanan selama 24 jam pada uji coba secara non-stop.

Sistem tanpa awak itu, nantinya akan memiliki tiga hingga lima gerbong. Dalam uji coba, Autonomous Rail Rapid Transit dapat melaju sejauh 25 kilometer setelah diisi daya selama 10 menit.

Sementara, kereta dengan tiga gerbong siap melayani masyarakat secara reguler mulai tahun depan.

Pengembangan transportasi publik tersebut hanya menghabiskan biaya seperlima dari kereta listrik biasa.

Autonomous Rail Rapid Transit akan menjelajahi rute sepanjang 3,1 km dengan empat stasiun, yang menghubungkan Shennong Theater dan pusat olahraga.

Selanjutnya, pemerintah juga akan memperluas jangkauan transportasi publik itu sejauh 9 kilometer, sehingga membentuk rute seperti lingkaran.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi China Turun ke 6,8 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com