Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Nama Si Anak, Orangtuanya Dibawa ke Meja Hijau

Kompas.com - 24/10/2017, 10:20 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC,Mirror

PARIS, KOMPAS.com - Nama yang dilekatkan pada bayi biasanya mengandung doa dan  harapan orangtua bagi anaknya kelak.

Di Perancis, ada pasangan yang dilaporkan kepada pihak berwajib hingga berujung ke pengadilan karena menamai anak laki-lakinya "Jihad".

Dilansir dari Mirror, Senin (23/10/2017) orangtua tersebut mencoba mendaftarkan nama kontroversial itu di balai kota dekat Toulouse, Perancis, setelah kelahiran bayinya pada Agustus lalu.

Namun, pejabat terkait langsung memberikan peringatan kepada jaksa penuntut umum, yang tengah menangani kasus nama itu di pengadilan keluarga karena berkaitan dengan terorisme.

Hakim kemudian akan meminta pasangan tersebut untuk memilih nama lain.

Baca: Simak 5 Peraturan Memilih Nama Bayi

Pasangan yang tidak diketahui namanya itu mengklaim kata "Jihad" tidak berkaitan dengan Perang Suci, namun lebih kepada upaya, perjuangan, dan penyangkalan diri.

Empat tahun lalu, pasangan lain yang memiliki anak laki-laki berusia tiga tahun dengan nama "Jihad" juga dijebloskan ke dalam penjara.

Mereka memakaikan kaos pada anaknya saat sekolah dengan tulisan "Saya adalah bom" di bagian depan dan "Lahir pada 11 September"  di bagian belakang.

Hukum di Perancis menyatakan setiap nama depan dapat diberikan selama tidak bertentangan dengan kepentingan anak di kemudian hari.

Laporan BBC menyebutkan, sejak 1993 - ketika orangtua di Perancis bebas memilih nama anaknya -  ada beberapa kasus yang dibawa ke pengadilan keluarga.

Kasus pertama gara-gara nama Fraise (yang berarti stroberi). Hakim melarang pasangan yang ingin memberi nama Fraise, dengan alasan anak itu bisa menjadi sasaran ejekan (bully).

Sebagai gantinya hakim memutuskan nama Fraisine, nama yang yang populer di Inggris pada abad ke-19.

Baca: 7 Pilihan Nama Bayi Ini Tidak Disarankan 

Kejadian kedua dialami seorang ayah di Perancis.  Ia mengambil langkah hukum untuk mencegah industri mobil Perancis Renault menggunakan nama anaknya, Zoe Renault, sebagai nama jenis mobilnya.

Cedric Renault mengatakan jika Renault menggunakan Zoe untuk jenis mobilnya, maka hidup anaknya akan "susah".

Pada 1999, Sophia Renaud berhasil mematahkan langkah hukum yang melarang mereka memberikan nama Megane kepada putrinya, walaupun pihak berwenang awalnya berpendapat nama itu seperti jenis mobil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com