Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastor Koptik Dibunuh di Mesir, Umat Kristen Berduka

Kompas.com - 18/10/2017, 22:40 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Para pemimpin umat Kristen menyatakan keprihatinan atas pembunuhan seorang pastor Koptik Ortodoks di ibu kota Mesir, Kairo.

Pastor Samaan Shehata tengah mengumpulkan bantuan kemanusiaan untuk parokinya di Beni Suef , Kamis (17/10/2017), saat dia dikejar oleh seorang pria yang kemudian menikamnya beberapa kali.

Penyerang melarikan diri dari tempat kejadian, namun dilaporkan sudah ditangkap oleh polisi sebagaimana dilaporkan BBC pada Jumat (18/10/2017).

Motif serangan yang terekam dalam kamera pengawas tersebut belum diketahui.

Namun, komunitas minoritas Koptik berulang kali menjadi sasaran serangan dalam beberapa bulan terakhir.

Lebih dari 100 orang tewas sejak Desember dalam serangkaian serangan yang diklaim dilakukan oleh milisi jihad yang berafiliasi dengan kelompok teror Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Baca: ISIS Klaim Dalangi Penembakan yang Tewaskan 29 Umat Koptik Mesir

Uskup Anba Angaelos, pemimpin Gereja Koptik di Inggris, mengatakan dia prihatin atas reaksi pihak berwenang Mesir terhadap serangan yang dialami oleh Pastor Samaan.

Aneh

Dia menyebut ambulans yang datang ke tempat kejadian perlu waktu sampai satu jam, lalu lokasi kejadian tidak diamankan dan bukti forensik tidak dikumpulkan.

Setelah itu terduga penyerang langsung dinyatakan menderita gangguan mental tanpa dilakukan diagnosis profesional.

"Saya berdoa bagi kalangan luas komunitas Kristen Mesir yang merasa lebih dan lebih rentan dan jadi sasaran setiap hari dibayangi ketidakadilan dan ketidap-pedulian pada mereka," sang uskup menambahkan.

"Saya juga berdoa untuk kalangan luas masyarakat Mesir, yang menjadi semakin terpojokkan dan ternodai nama baiknya karena insiden ini terus terjadi."

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, mencuit dalam Twitternya, "Sangat sedih atas pembunuhan brutal yang menimpa Pastor Samaan, pastor Koptik Ortodoks di Kairo. Kami berdoa untuk gereja, untuk dia dan orang-orang yang berduka atas kepergiannya."

Baca: Bus Ditembaki, Puluhan Jemaat Kristen Koptik di Mesir Tewas

Pembunuhan pastor Samaan terjadi pada hari ketika Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi mengumumkan keadaan darurat untuk yang kedua kalinya, setelah kelompok ISIS melakukan dua pengeboman yang menyasar gereja-gereja Koptik di Tanta dan Iskandarsyah.

Ratusan personel keamanan Mesir juga dibunuh oleh para jihadis di Semenanjung Sinai sejak militer menggulingkan Presiden Mohammed Morsi pada tahun 2013.

Pada Jumat, enam tentara tewas ketika orang-orang bersenjata menyerang sebuah pos pemeriksaan di el-Arish, kota utama di utara Sinai, kata pihak militer dalam pernyataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com