Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Perancis Tangkap 10 Orang yang Berencana Menyerang Masjid

Kompas.com - 18/10/2017, 13:46 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Al Arabiya

PARIS, KOMPAS.com - Unit anti-teror Perancis, Selasa (17/10/2017), menangkap 10 orang yang diduga merencanakan serangan teror terhadap sejumlah masjid dan politisi.

Penangkapan para tersangka yang berusia antara 17-25 tahun itu dilakukan di wilayah Paris dan tenggara Perancis sebagai bagian dari investigasi terhadap para aktivis kanan negeri itu.

Sumber yang dekat dengan investigasi ini kepada kantor berita AFP mengatakan, para tersangka yang terdiri atas sembilan pria dan seorang wanita itu diduga memiliki kaitan dengan Logan Alexandre Nisin.

Pria 21 tahun itu merupakan seorang mantan anggota kelompok militan sayap kanan Francaise Provence yang ditangkap pada Juni lalu.

Baca: Polisi Perancis Tangkap Penerobos Barikade Masjid di Creteil

Seorang sumber lainnya mengatakan, satu-satunya wanita yang ditangkap dalam operasi itu adalah ibu kandung Nisin.

Berdasarkan hasil investigasi, kepolisian mengungkap adanya rencana untuk melakukan kekerasan yang rinciannya belum diketahui.

Namun, sumber terpercaya menyebut, serangan itu mengincar sebuah tempat ibadah, seorang politisi, seorang imigran, dan melibatkan penyelundupan obat-obatan terlarang.

Sejumlah sumber mengatakan, politisi yang menjadi sasaran serangan adalah juru bicara pemerintah Perancis Christophe Castaner dan pemimpin kelompok sayap kiri Jean-Luc Melenchon.

Seorang juru bicara Melenchon mengatakan, mantan kandidat presiden itu tak pernah mendapatkan informasi terkait rencana serangan ini dan permintaan untuk mendapatkan perlindungan selama proses pemilu legislatif ditolak kepolisian.

Logan Alexandre Nisin ditangkap di dekat kota Marseille pada 28 Juni lalu setelah mengunggah rencana serangan terhadap warga kulit hitam, militan, dan imigran.

Baca: Polisi Perancis Gerebek Terduga Teroris, Remaja 16 Tahun Ikut Diciduk

Para penyidik yakin Nisin, yang memiliki senjata api dan telah berlatih menembak, memiliki niat untuk mewujudkan rencananya itu.

Nisin mulai menarik perhatian aparat keamanan Perancis setelah dia menjadi pengelola laman Facebook yang memuja Anders Behring Breivik yang membunuh 77 orang pada 2011 di Norwegia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com