Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, China Mulai Membangun Jalan Tol Khusus Sepeda

Kompas.com - 17/10/2017, 15:31 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Selama ini jalan tol biasanya digunakan untuk kendaraan bermotor, terutama yang beroda empat atau lebih.

Namun, sejumlah media China mengabarkan, pemerintah negeri itu berencana membuat jalan tol khusus sepeda tahun depan.

Jalan tol sepeda ini direncanakan memiliki panjang 9 kilometer dan akan dibangun di antara kawasan permukiman Huilongguang di sisi utara ibu kota Beijing dengan pusat kota di Zhongguancun.

"Jalan tol sepeda yang akan dibuat itu memiliki lebar lima hingga tujuh meter dan mulai dibangun tahun depan," kata wakil direktur Kota Beijing, Gan Feng.

Baca: Mudik Naik Sepeda, Pria Ini Tak Sadar Sudah Salah Arah 400 Km

Meski belum banyak rincian soal rencana ini yang dirilis ke publik tetapi diyakini jalan tol sepeda ini akan berbentuk jalan layang atau elevated road dan memiliki dua lajur.

Sehingga tak seperti jalur khusus sepeda pada lazimnya yang berada di sisi jalan raya, maka jalan tol sepeda ini benar-benar terpisah dari keramaian lalu lintas.

Beijing bukan satu-satunya kota di China yang berencana membuat jalan tol khusus sepeda. Skema sama yaitu jalan layang khusus sepeda sepanjang 7,6 kilometer di Xiamen selesai dibangun pada Februari lalu.

"Kami tahu sudah ada jalan tol sepeda di Xiamen, tetapi jalan itu dibangun di dekat taman sehingga tujuannya lebih untuk kepentingan rekreasi," ujar Gan.

Gan menambahkan, rencana pembangunan ini ditujukan agar warga kota Beijing pengguna sepeda bisa menuju ke pusat kota dengan lebih aman karena terpisah dari jalan-jalan utama yang ramai.

"Polisi lalu lintas akan menghentikan sepeda motor atau sepeda listrik yang akan menggunakan jalan tol itu," Gan menegaskan.

Sementara itu, wakil presiden departemen transportasi perkotaan Universitas Teknologi Beijing Chen Yanyan rencana ini bisa jadi sangat berguna.

"Jalan tol khusus sepeda ini bisa menjadi sarana tambahan untuk layanan bus yang sudah tersedia di kawasan tersebut," kata Yanyan.

Baca: Naik Sepeda ke Kantor, Dibayar Rp 700.000 di Italia

Pemerintah berharap rencana ini bisa sedikit mengurangi masalah kemacetan di Beijing yang saat ini juga memiliki sekitar 2,4 juta unit sepeda sewa.

Kota Beijing juga berencana memulai pembangunan trotoar sepanjang 600 kilometer dan jalur-jalur sepeda di seluruh penjuru kota pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com