Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Terbang 25 Menit, AirAsia Jurusan Bali Kembali ke Bandara Perth

Kompas.com - 16/10/2017, 11:46 WIB

PERTH, KOMPAS.com - Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Air Asia Indonesia terpaksa terbang kembali ke Australia setelah muncul kemungkinan hilangnya tekanan udara dalam kabin.

Pesawat dengan nomor penerbangan QZ535 yang akan terbang Pulau Bali itu, berbalik arah kembali ke Australia setelah terbang selama 25 menit pada Minggu (15/10/2017).

Pesawat jenis Airbus A320 itu membawa 151 orang penumpang dan mendarat dengan selamat di bandara Perth.

Manajemen Air Asia mengatakan, pesawat mengalami "masalah teknik" sehingga harus kembali ke bandara Perth. Sementara media Australia mengabarkan pesawat tersebut tampak terbang rendah.

Baca: Diserang Burung, Pesawat Air Asia Mendarat Darurat

"Kami sudah mengucapkan selamat tinggal pada yang lain. Ini benar-benar menjengkelkan," kata seorang penumpang kepada media lokal Nine network.

Sebuah video yang direkam di dalam kabin pesawat dan dipublikasikan media lokal, menunjukkan masker oksigen tergantung dari langit-langit dan seseorang terdengar berteriak "penumpang turun, penumpang turun".

Penumpang lain, Claire Askew mengatakan kepada stasiun televisi Seven network kepanikan semakin meningkat karena staf maskapai berteriak dan tampak menangis.

Dalam sebuah pernyataan resmi, manajemen Air Asia mengatakan "memiliki komitmen penuh" terhadap keselamatan penumpang. Namun, tidak menjelaskan masalah yang dialami pesawat tersebut secara rinci.

"AirAsia meminta maaf kepada para penumpang atas ketidaknyamanan ini," demikian isi pernyataan tersebut.

Pada Juni lalu, sebuah pesawat Air Asia juga terpaksa kembali ke Perth saat terbang menuju Pulau Bali setelah mengalami masalah pada mesin yang menyebabkan pesawat "bergoyang seperti sebuah mesin cuci".

Pada Desember 2014, pesawat Air Asia jatuh di Laut Jawa dan menewaskan 162 orang penumpang dan kru setelah sistem kontrol kemudi pesawat tidak berfungsi selama penerbangan.

Baca: Salah Navigasi, Pesawat Air Asia Tujuan Kuala Lumpur "Nyasar" ke Melbourne

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com