Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Kargo Jatuh ke Laut, Empat Tewas dan Enam Luka-luka

Kompas.com - 15/10/2017, 11:58 WIB

ABIDJAN, KOMPAS.com - Sebuah pesawat kargo yang mengangkut logistik untuk tentara Perancis jatuh terjerembab ke laut tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Abidjan, Pantai Gading, Sabtu (15/10/2017).

Empat warga Republik Moldova tewas, kata pihak berwenang di Pantai Gading. Dua warga Moldova lainnya dan empat warga Perancis, semuanya tentara, juga terluka seperti dilaporkan The Independent.

Kecelakaan itu terjadi di tengah badai disertai hujan deras dan petir. Gambar dari lokasi kejadian menunjukkan kondisi pesawat yang sebagiannya hancur di bibir pantai dekat Port-Bouet.

Seorang juru bicara Angkatan Bersenjata Perancis di Pantai Gading mengatakan, pesawat itu mengangkut logistik militer. Para korban luka dibawa ke kamp Port-Bouet, Abidjan, untuk dirawat.

Baca: Pesawat CN-235 Pesanan Kedua untuk Senegal Telah Tiba di Dakar

Seorang analis penerbangan mengklaim, pesawat tersebut adalah model Antonov AN-26-100. yang dirancang  Soviet, milik sebuah perusahaan yang kadang-kadang juga disewa PBB.

Selain itu terdapat logo “V” pada di ekor pesawat bersayap putih itu sehingga muncul dugaan,  pesawat itu milik Valan International Cargo Charter yang berbasis di Moldova.

Ratusan warga berkumpul di pantai dekat lokasi kejadian pada Sabtu saat petugas penyelamat bergegas menyelamatkan para korban.

Pada Februari 2000, Kenya Airways Airbus 310 yang membawa 179 orang tujuan Lagos, Nigeria, jatuh ke laut setelah lepas landas dari Abidjan. Hanya 10 orang selamat saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com