Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Nyatakan Ada Kesepakatan Rekonsiliasi dengan Fatah

Kompas.com - 12/10/2017, 22:59 WIB

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Faksi Hamas di Palestina menyatakan telah mencapai suatu kesepakatan dengan pesaingnya, Fatah, mengenai rekonsiliasi politik mereka.

Pemimpin Fatah, Ismail Haniyeh, mengeluarkan pernyataan pada Kamis (12/10/2017), yang menyebutkan kedua pihak telah mencapai kesepakatan setelah perundingan dua hari di Kairo, yang dimediasi Mesir.

Haniyeh menyatakan, rincian mengenai kesepakatan tersebut akan diumumkan kemudian pada hari Kamis (12/10/2017) waktu setempat di ibu kota Mesir.

Seorang juru bicara Fatah mengukuhkan pernyataan itu dalam suatu wawancara dengan kantor berita Perancis, AFP.

Baca: Hamas dan Fatah Tak Kunjung Akur, Pengadilan Palestina Tunda Putusan Pemilu

Perjanjian itu menyusul keputusan bulan lalu oleh faksi militan Hamas untuk mengizinkan gerakan Fatah yang dipimpin Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk memulai kembali kontrol atas Gaza.

Hamas telah memerintah daerah ini dan dua juta penduduknya sejak 2007, sewaktu terlibat perang saudara singkat dengan Fatah.

Kedua pihak setuju utnuk membentuk pemerintah persatuan pada tahun 2014, tetapi Hamas terus memimpin Gaza dengan badan administratifnya.

Israel telah memblokade Gaza selama satu dasawarsa, dan perbatasannya dengan Mesir juga sebagian besar masih tutup dalam beberapa tahun ini, membuat ekonomi Gaza goyah. 

Baca: Hamas dan Fatah Upayakan Rekonsiliasi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com