Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hillary: Trump, Presiden Paling Berbahaya dalam Sejarah AS

Kompas.com - 11/10/2017, 08:37 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com –  Mantan calon Presiden AS, Hillary Clinton, menyebut Donald Trump sebagai presiden yang paling berbahaya di sepanjang sejarah Amerika.

“Saya pikir seluruh dunia harus peduli," kata Menteri Luar Negeri AS yang ke-67 itu, sebagaimana dilaporkan oleh harian The Independent,  Selasa (10/10/2017).

Hillary telah mengatakan "seluruh dunia harus peduli" terhadap kepemimpinan Trump, dan sependapat menyebut Presiden AS ke-45 itu adalah yang paling berbahaya dalam sejarah AS.

Pernyataan itu dibuat Hillary saat wawancara dengan program "Four Seasons" Australian Broadcasting Corporation (ABC), Senin.

Sebenarnya peringatan Hillary mengulangi apa yang pernah disampaikannya pada saat kampanye Pilres AS 2016, namun dengan nuansa berbeda. Saat itu dia menyebut Trump adalah calon penghuni Gedung Putih yang paling berbahaya.

Baca: Hillary Sebut Trump Kandidat Presiden Paling Berbahaya dalam Sejarah AS

Ditanya oleh wartawan senior ABC, Sarah Ferguson, apakah Trump adalah presiden paling berbahaya yang pernah dimiliki AS, dia berkata, "Saya kira benar, karena dia impulsif, dia tidak memiliki kontrol diri. Dia pendendam."

Ketika ditanya tentang apakah Australia harus khawatir tentang cara Republiken itu mendiami Gedung Putih, Hillary berkata, "Saya pikir seluruh dunia harus peduli."

Awal bulan ini  mantan Ibu Negara AS selama dua masa jabatan (1993-2001) itu berbicara dengan tegas untuk mendukung pengendalian senjata yang ketat menyusul pembantaian di Las Vegas, yang menewaskan 59 orang dan melukai lebih dari 520 orang itu.

Sekutu politik Trump, Bob Corker, seorang senator dari negara bagian Tennessee juga dengan blak-blakanmengatakan, pemerintahan berpotensi memicu terjadinya Perang Dunia III.

Pernyataan itu diungkapkan Corker dalam wawancara yang dirilis oleh The New York Times, Senin (9/10/2017).

“Saya sangat cemas. Dia membuat cemas semua yang peduli terhadap negara ini,” keluh Corker.

Baca: "Mencemaskan, Trump Berpotensi Picu Perang Dunia III"

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com