Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kokain Senilai Rp 3,5 Triliun Disita dari Kapal di Tengah Laut

Kompas.com - 09/10/2017, 13:06 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Kokain seberat hampir empat ton yang diperkirakan bernilai 260 juta dollar Amerika Serikat atau setara Rp3,5 triliun disita aparat dari kapal yang berlayar di Samudera Atlantik.

Aparat gabungan yang terdiri dari bea cukai dan kepolisian Spanyol dan Badan Pemberantas Kejahatan Nasional (NCA) dar Inggris menemukan 165 paket kokain masing-masing seberat 23 kg atau total 3,7 ton, yang disembunyikan di bawah dapur kapal.

Belum jelas ke mana narkotika itu akan dibawa. Kapal itu sendiri tengah berlayar di antara Kepulauan Madeira dan Azores, Portugal, seperti dilaporkan BBC, Senin (9/10/2017).

Setelah ditemukannya kokain, kapal berbendera Comoros itu ditarik ke Pelabuhan Cadiz, Spanyol. Adapun para awak kapal, yang berasal dari Turki dan Azerbaijan, ditahan.

Operasi aparat gabungan tersebut digelar di bawah koordinasi Pusat Operasi anti-Narkotika dan Analisa Maritim (MAOC-N) yang berpusat di Lisabon, Portugal.

Baca: Ditutupi Nanas, 1,9 Ton Kokain Diselundupkan

"Penyitaan kokain dalam jumlah ini merupakan pukulan besar terhadap kelompok kejahatan internasional, karena mereka jadi kehilangan pemasukan sebesar ratusan juta pound (triliunan rupiah)," ujar juru bicara NCA, Mark Blackwell.

Sebelum penyitaan ini, ada dua operasi serupa di Samudera Atlantik baru-baru ini.

Sebanyak 13 warga Spanyol keturunan Maroko ditahan pada Senin (2/10/2017) atas kepemilikan 2,5 ton kokain—penyitaan narkoba terbesar di kawasan Afrika utara.

Zat adiktif tersebut diperkirakan datang dari Venezuela menuju Eropa atau Uni Emirat Arab.

Kepala Penyelidikan Maroko, Abdelhak Khiam, mengatakan kartel narkoba Amerika Selatan sengaja menggunakan rute penyelundupan melalui negara-negara sub-Sahara karena di wilayah itu tingkat pengawasannya minim.

Baca: Venezuela Gagalkan Pengiriman 2,7 Ton Kokain

Angkatan Laut dan Angkatan Udara Portugal juga dilaporkan menyita narkoba yang diselundupkan di sebuah kapal, 965 kilometer sebelah selatan Kepulauan Azores.

Kapal yang bertolak dari kawasan Karibia itu, sebagaimana dilaporkan Portugal News Online, membawa kokain murni yang ditaksir bernilai 23,5 juta dollar atau sekitar Rp 317 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com