Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Bersiap Uji Rudal yang Bisa Capai Pantai Barat AS

Kompas.com - 07/10/2017, 08:06 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com – Pemerintah Korea Utara (Korut) sedang bersiap-siap untuk menguji coba misil jarak jauh yang diperkirakan bisa mencapai pantai barat Amerika Serikat (AS).

Informasi itu disampaikan oleh Anton Morozov, anggota parlemen Rusia di Moskwa, sebagaimana dilaporkan oleh The Guardian, Jumat (6/10/2017).

Morozov baru saja kembali dari lawatannya ke Pyongyang. Ia menyampaikan informasi itu setelah analis CIA mengatakan, uji coba rudal Korut mungkin dilakukan pada 10 Oktober.

Dia mengatakan, Korut saat ini sedang bersiap untuk menembakkan peluru kendali (rudal) jarak jauh yang oleh Pyongyang diyakni bisa mencapai pantai barat AS.

Baca: Rudal Balistik Antar-Benua Korut Bisa Jangkau Seluruh Daratan AS

Anton Morozov adalah anggota komite internasional pada majelis rendah di parlemen Rusia. Ia berada di Korut pada 2-6  Oktober lalu, demikian menurut kantor berita RIA, Rusia.

“Mereka sedang mempersiapkan uji terbaru bagi rudal balistik jarak jauh. Mereka bahkan menyuguhkan kita kalkulasi matematis bahwa tembakan rudal tersebut bisa menjangkapai pesisir barat AS,” kata Morozov pada Jumat kemarin, demikian menurut RIA.

“Sejauh yang kita pahami, mereka bermaksud meluncurkan satu misil jarak jauh lagi pada masa yang akan datang. Dan secara umum, suasana hati mereka siap berperang”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com