Saksi Ahli: Jejak Racun VX Ditemukan di Kaus Siti Aisyah - Kompas.com

Saksi Ahli: Jejak Racun VX Ditemukan di Kaus Siti Aisyah

Kompas.com - 05/10/2017, 14:18 WIB
Foto arsip yang diambil pada tanggal 1 Maret 2017 ini menunjukkan warga negara Indonesia Siti Aisyah (25), dikawal  polisi setelah muncul di pengadilan dengan seorang warga Vietnam Doan Thi Huong (29), di Pengadilan di Sepang. Keduanya dituduh terlibat dalam pembunuhan Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un. AFP/MOHD RASFAN Foto arsip yang diambil pada tanggal 1 Maret 2017 ini menunjukkan warga negara Indonesia Siti Aisyah (25), dikawal polisi setelah muncul di pengadilan dengan seorang warga Vietnam Doan Thi Huong (29), di Pengadilan di Sepang. Keduanya dituduh terlibat dalam pembunuhan Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.

SHAH ALAM, KOMPAS.com - Jejak zat saraf yang digunakan untuk membunuh Kim Jong Nam ditemukan pada pakaian dua wanita yang diadili karena dituduh membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un itu.

Kesaksian ini disampaikan seorang ahli kimia Raja Subramaniam di muka persidangan di Pengadilan Tinggi Shah Alam, di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (5/10/2017).

Dua wanita yang diadili dalam perkara ini adalah warga negara Indonesia, Siti Aisyah dan warga Vietnam Doan Thi Huong.

Raja Subramaniam mengatakan, ia menemukan jejak VX pada pakaian Aisyah dan Huong.

"Kami menemukan produk degradasi VX pada kaus tanpa lengan milik Siti Aisyah," kata dia.

Kesaksian ini adalah bukti pertama yang secara langsung menghubungkan kedua wanita tersebut dengan racun VX.

Baca: Apa Itu Racun VX yang Digunakan Membunuh Kim Jong Nam?

Selain itu, jejak VX murni, bentuk racun yang terdegradasi, dan zat dasar yang digunakan untuk membuat racun, ditemukan pada kaus yang dipakai Huong saat serangan terjadi.

Kaus itu tak lain adalah kaus putih bertuliskan "LOL", akronim untuk "laughing out loud" (tertawa terbahak-bahak) yang dikenakan Huong saat kejadian.

"Jejak racun juga ditemukan di celah kuku Huong," kata dia seperti dikutip AFP.

Rekaman CCTV menunjukkan, Huong berada di belakang Kim dan menggosok wajah korban dengan zat racun, sebelum melarikan diri.

Dalam laporan otopsi menyebutkan penyebab kematian Kim Jong Nam adalah karena racun VX.

Namun, hingga kini para ahli tak memperoleh jawaban, bagaimana kedua wanita itu dapat mengunakan racun yang amat mematikan, tanpa membahayakan diri sendiri.

Baca: Kematian Kim Jong Nam, Kepolisian Malaysia Terima Laporan soal Racun VX

Seperti yang telah diberitakan, Kim Jong Nam dibunuh saat menunggu penerbangan ke Makau, dari Bandara Internasional Kuala Lumpur, Februari lalu.

Kim Jong Nam tewas 20 menit setelah terpapar bahan kimia yang terdaftar sebagai salah satu senjata pemusnah massal tersebut. 

Kedua wanita yang kini duduk di kursi pesakitan, ditangkap beberapa hari setelah pembunuhan.

Mereka menghadapi ancaman hukuman gantung jika terbukti bersalah melakukan kejahatan itu.

Baca: Siti Aisyah Mulai Diadili di Malaysia, Terancam Hukum Gantung

Para terdakwa, yang keduanya berusia 20-an tahun, mengaku ditipu. Mereka mengira melakukan perbuatan itu untuk keperluan acara lelucon dalam pertunjukan realitas di televisi.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorGlori K. Wadrianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM