Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Bilateral Indonesia-Jordania Inginkan Pengentasan Kemiskinan

Kompas.com - 04/10/2017, 22:39 WIB

AMMAN, KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno LP Marsudi, telah mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu Jordania, Ayman Safadi  tetang kerja sama ekonomi keduanya.

Pertemuan digelar di Amman, ibu kota Jordania, pada Rabu (4/10/2017), yang intinya sama-sama mengharapkan peningkatan kerja sama ekonomi masing-masing.

Nilai perdagangan pada 2016 hanya menyampai  256,4 juta dollar dan hampir tidak berbeda dibandingkan dengan tahun 2015, seperti dilaporkan juru bicara Kemenu RI, Arrmanatha Nasir, Rabu (4/10/2019).

Kedua menlu itu, demikian Arrmanatha, bersepakat untuk perlunya segera mengambil langkah demi mengubah situasi ini.

“Kita harus membuka akses lebih besar bagi produk-produk unggulan masing-masing negara,” ujar Retno.

Menlu Retno: Jordania Mitra Alami Suarakan Islam Rahmatan Lil'Alamin

Selain  mengurangi berbagai hambatan perdagangan, diversifikasi produk perdagangan kedua negara juga perlu untuk terus didorong.

Indonesia memiliki produk industri strategis yang sangat kompetitif, antara lain pesawat, kapal, dan senjata.  

“Indonesia memiliki keunggulan di berbagai produk industri strategis yang dapat dimanfaatkan oleh Jordania,” ucap Menlu Retno, seperti diteruskan Arrmanatha.

Hubungan diplomatik kedua negara dimulai pada tahun 1950. Kedutaan besar Indonesia di Amman, Jordania dibuka sejak 1985 sementara Jordania membuka kedutaannya di Jakarta  pada November 1986.

Nilai perdagangan Indonesia-Jordania tercatat pada 2016 kurang lebih sama dengan 2015 yaitu 256 juta dolar, dengan peningkatan 25.000 dollar pada 2016.

Baca: Tantangan Bersama Indonesia-Jordania: Terorisme dan Radikalisme

Sementara itu, nilai perdagangan selama periode Januari-Juni 2017 meningkat 6,88 persen dibanding periode yang sama di 2016.

Jumlah wisatawan Jordania yang berkunjung ke Indonesia pada 2016 tercatat 4.806 orang. Sedangkan jumlah WNI yang berkunjung ke Jordania pada 2016 adalah 70.000 orang.

Jumlah WNI di Jordania tercatat sebanyak 4.157 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com