Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Larang Warganya Bepergian ke Korut

Kompas.com - 29/09/2017, 07:53 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Meskipun masih tercatat sebagai salah satu dari sedikit negara yang memiliki hubungan diplomatik kuat dengan Korea Utara (Korut), Malaysia memutuskan untuk melarang warga negaranya berkunjung ke negara itu.

Kepastian larangan itu dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Malaysia, Kamis (28/9/2017), seperti dilaporkan BBC pada Jumat (29/9/2017).

Disebutkan, larangan perjalanan diberlakukan karena terjadi peningkatan ketegangan sehubungan dengan pengembangan senjata nuklir Korut.

Baca: Terkait Kematian Kim Jong Nam, Hubungan Malaysia-Korut Tegang

"Larangan perjalanan mencakup semua warga negara Malaysia, dan sebagai warga negara Malaysia maka tim sepak bola nasional Malaysia juga tercakup," kata Wakil Menteri Luar Negeri, Reezal Merican Naina Merican, demikian BBC mengutip Reuters.

Ia mengacu pada rencana lawatan tim sepak bola nasional ke Pyongyang pada 5 Oktober mendatang untuk mengikuti pertandingan babak kualifikasi Piala Asia.

Pertandingan itu sendiri sudah ditunda sampai tiga kali hingga kini.

Malaysia dan Korut sebelumnya mempunyai hubungan diplomatik yang relatif kuat, tetapi hubungan kedua negara memburuk awal tahun ini ketika Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korut, Kim Jong Un, dibunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Pembunuhan diduga didalangi oleh agen-agen Pyongyang.

Seorang warga negara Indonesia, Siti Aisyah, dan seorang warga negara Vietnam, Doan Thi Huong, dijadwalkan akan menjalani sidang di Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia, Oktober 2017 dengan dakwaan melakukan pembunuhan terhadap Kim Jong Nam.

Baca: Terkait Kematian Kim Jong Nam, Malaysia Usir Dubes Korut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com